SABTU, 15 OKTOBER 2016

SOLO --- Ratusan siswa  Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB/TK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fatimah, Sukoharjo, Jawa Tengah, mengikuti kegiatan cuci tangan bersama, pada Sabtu pagi (14/10/16). 


Kegiatan yang melibatkan anak-anak usia di bawah 5 tahun itu tak lain untuk menggalakkan Hari Cuci Tangan Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober. "Adanya hari cuci tangan sedunia ini sangat bermanfaat sekali. Terlebih bagi anak usia dini," ucap Bambang Trisoelo selaku kepala Yayasan KBTK Paud Fatimah kepada Cendana News. 

Hari Cuci Tangan Sedunia ini menjadi sarana untuk pembelajaran anak agar mengetahui pentingnya membersihkan tangan. Sebab, sebagai anggota badan yang paling aktif, tangan sering kali terkena kotoran atau bakteri sehingga rawan akan adanya penyakit. "Jadi dengan kegiatan ini anak sejak kecil sudah mengenal jika tangan itu harus dibersihkan sesuai dengan prosedurnya. Misalnya cuci tangan harus menggunakan sabun," terangnya. 


Disebutkan, setidaknya ada 7 tahap cara mencuci yang baik dan benar sesuai dengan yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia. Dimulai dari membasahi kedua telapak tangan menggunakan air yang mengalir, dan gosok kedua telapak tangan secara lembut, usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian, gosok bagian jari-jari tangan dan sela-sela jari hingga bersih. 

Selain itu, bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan kedua telapak tangan, gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. "Selanjutnya bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, dan diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air mengalir serta keringkan memakai handuk atau tisu," sebutnya. 


Sebagai Ketua Yayasan, Bambang mengaku sangat mendukung program untuk memberikan pendidikan akan pentingnya kebersihan tangan dan kesehatan tersebut. Dengan cuci tangan bersma ini, diharapkan pola hidup bersih dan sehat dapat diajarkan sejak dini guna terwujudnya masyarakat Indonesia yang sehat dan hebat. "Kami sebagai Yayasan sangat mendukung hari cuci tangan yang dilakukan serentak di Sukoharjo. Ini kita gunakan untuk pembelajaran anak sejak dini agar mencintai kebersihan dan kesehatan," pungkasnya. 

Jurnalis : Harun Alrosid / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Harun Alrosid
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: