SELASA, 18 OKTOBER 2016

MALANG --- Sebanyak 35 kelompok siswa siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) dari seluruh Indonesia hari ini mengikuti lomba cerdas cermat bahasa Arab (Imathoh) tingkat nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM). Acara yang di mulai pukul 08.00-16.00 WIB ini bertempat di Aula Fakultas Sastra.


"Lomba cerdas cermat ini adalah salah satu rangkaian lomba dalam acara Pekan Arabi 2016 yang menjadi agenda rutin dari HMJ Sastra Arab UM," ujar ketua pelaksana, Linda Kasri kepada Cendana News, Selasa (18/10/2016).

Ia menjelaskan, dalam lomba Imathoh ini terdiri dari tiga fase yaitu penyisihan, semi final dan final dimana dalam tiga fase tersebut masing-masing juga terdiri dari tiga babak.

Pada fase penyisihan terdiri dari babak benar salah, otak atik morfologi dan babak ibbulaga. Fase semi final ada babak antonim sinonim, tebak gambar serta terjemahan bebas.

"Sedangkan di fase final terdapat babak mengisi syair lagu, analisis film dan babak rebutan,"jelasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk terus mengembangkan bahasa arab di Indonesia.

"Acara ini sebagai sarana untuk bertukar ilmu dan menambah wawasan seputar bahasa Arab," terangnya.


Sementara itu ia menyebutkan, selain lomba cerdas cermat, dalam acara Pekan Arabi 2016 ini juga diadakan lomba cerita, albanjari, pidato , kaligrafi dan olimpiade bahasa Arab.

"Besok juga akan ada lomba debat bahasa Arab untuk mahasiswa dari berbagai Universitas di Indonesia,"tutupnya.


Jurnalis : Agus Nurchaliq / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Agus Nurchaliq

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: