SENIN 31 OKTOBER 2016 

PONTIANAK --- Inovasi baru dilakukan perusahaan listrik negara atau PLN wilayah Kalimantan Barat untuk pelangganya. Layanan mudah dan cepat di ponsel cerdas  bagi pelanggannya lewat aplikasi di smartphone. 

TIm PLN Kalbar Peragakan Inovasi


General Manager PLN Wilayah Kalbar Bima Putrajaya menyebut, peluncuran moda layanan ini bertajuk PLN Mobile digelar usai upacara Hari Listrik Nasional (HLN) ke 71 di Kantor Wilayah, Jalan Adi Sucipto Kubu Raya, Senin (31/10/2016). 

"Moda layanan informasi melalui aplikasi ini merupakan aplikasi yang dibuat secara terkini. Memudahkan pelanggan mengunduhnya melalui smartphone Android lewat Google Store dan Play Store," kata General Manager PLN Wilayah Kalbar, Bima Putrajaya, Senin, 31 Oktober 2016.

Dijelaskan, bahwa melalui aplikasi PLN  mobile ini nantinya masyarakat dapat mencari informasi kelistrikan dengan mudah, cepat dan tepat.

"Kami luncurkan aplikasi PLN Mobile bertepatan dengan peringatan HLN ke 71. Aplikasi ini memudahkan Pelanggan untuk dapat mengetahui besaran tagihan listrik, pendaftaran pasang baru, tambah daya serta juga melaporkan gangguan kelistrikan langsung melalui handphone," ujarnya.

Disebutkan, segala bentuk pengaduan dan informasi yang ditampung melalui aplikasi ini akan langsung tersambung dan terupdate melalui aplikasi bernama Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) dan Aplikasi Pelayanan Keluhan Terpadu (APKT). Ia menjelaskan, cara menggunakan aplikasi PLN Mobile adalah pelanggan hanya perlu mengunduh aplikasi melalui Play Store dan Google Store. Lalu kemudian, pelanggan melakukan pendaftaran dengan mengklik "daftar" pada layar utama yg muncul.


"Setelah itu pelanggan diharuskan mengisi form pendaftaran dengan mengisi secara lengkap kolom data yang telah tersedia," ucapnya.


Ia melanjutkan, pada kode referensi pelanggan diharuskan mengisi Rupiah tagihan listrik atau angka stand meter terakhir pada struk pembayaran listrik. "Apabila Anda pelanggan listrik prabayar, silakan mengisi 4 digit token yang tertera pada struk pembelian terakhir.


Jika pendaftaran telah berhasil dilakukan maka akan muncul notifikasi yg akan langsung masuk ke email pelanggan, kemudian masukkan kode aktivasin pada halaman login.

Pelanggan sudah dinyatakan terdaftar dan dapat menggunakan aplikasi tersebut," ujarnya.


Ia berharap melalui aplikasi PLN Mobile ini layanan kami akan semakin mudah diakses, dan PLN semakin dekat di hati pelanggannya.

Jurnalis: Aceng Mukaram/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Aceng Mukaram
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: