SELASA, 18 OKTOBER 2016

KAYONG UTARA --- Jalur transportasi melalui perairan sungai di Kalimantan Barat hingga kini masih tetap menjadi pilihan utama bagi warga setempat. Di Desa Teluk Batang, Kecamatan Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara, misalnya. Setiap harinya warga desa untuk bepergian menggunakan sebuah kapal tradisional, yakni kapal klotok.


Waladinus, warga setempat menuturkan, kapal klotok merupakan moda transportasi sejak dahulu. Karena, di wilayahnya banyak sekali jalur sungai. sehingga warga mengandalkan kapal klotok.

“Untuk membawa hasil bumi, kita pakai kapal klotok ini. kendaraan motor juga dinaikin di atas kapal,” tuturnya, Selasa (18/10/2016).

Dikatakan, bagi warga desa, sungai adalah sumber mata pencaharian. Tak jarang, warga juga mencari ikan di sungai menggunakan perahu dan kapal berukuran sedang dan kecil mencari ikan di sungai.

“Sungai di sini selalu dijaga oleh warga. Karena kita sadar, sungai memberikan kehidupan bagi kami di desa,” ucapnya.

Warga desa lainnya bernama Ashadi menuturkan, sungai di desanya menjadi pilihan utama. Karena, sungai membuat warga desa saling interaksi satu sama lainnya.


“Sungai ini memberikan berkah bagi kami. Kami di sini setiap hari ke sungai. Makanya sungai di desa kami dijaga terus. Caranya adalah, tidak membuang sampah sembarangan ke sungai,” ujarnya.

Di Teluk Batang, ia menuturkan rata-rata terhubung dengan wilayah lainnya melalui aliran sungai tersebut. Untuk itulah, moda transportasi sungai menjadi pilihan utama bagi warga desa.

Jurnalis : Aceng Mukaram / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Aceng Mukaram

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: