RABU, 12 OKTOBER 2016

BALIKPAPAN --- Menteri Pertanian, Amran Sulaiman memastikan tahun 2018 mendatang, Kalimantan mampu swasembada beras. Komitmen untuk swasembada pangan termasuk beras, itu ditandai dengan bantuan alat pertanian, pompa dan traktor.


Amran mengatakan dari lima provinsi di Kalimantan, hanya Kalimantan Timur dan Utara yang belum swasembada beras. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan beras Kaltim harus dipasok dari Sulawesi dan Jawa 100 ribu ton pertahun.

"Jika program swasembada ini tidak teralisasi, maka  bantuan keuangan dan peralatan pertanian dari Kementeriannya akan dihentikan," tegasnya di Balikpapan, Rabu (12/10/2016).

Selain itu, Amran menjelaskan rapat koordinasi Pangan ini tidak akan menguap seperti yang sesudahnya. Akan dipastikan bantuan yang diberikan dimonitor dan dicek di lapangan.

"Untuk mewujudkan swasembada beras saya minta komitmen dan kerja keras di wilayah ini. Kalimantan ini kaya raya akan sumber daya alam," tandasnya.

Sementara itu, berdasarkan data dari dinas yang diperoleh Kalimantan, terdapat 1 juta hektar lebih sawah dengan  jumlah pendudukn 15 juta orang dan kebutuhan  beras sekitar 2 juta ton.

Untuk itu, Amran menambahkan saat ini memfokuskan penanganan dan bantuan kepada pulau Kalimantan.
[Ferry Cahyanti]

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: