SENIN, 17 OKTOBER 2016

BALIKPAPAN ---- Kantor Wilayah DJP Kalimantan Timur dan Utara optimis tingkat keikutsertaan wajib pajak pada periode kedua ini akan meningkat, meskipun nominal uang tebusan yang harus dibayar lebih tinggi dari periode sebelumnya. 

Kepala Kanwil DJP Kaltimra, Samon Jaya
"Kita optimis periode kedua akan naik dari sebelumnya, karena wajib pajak di Kaltimra cukup banyak. Dan sosialisasi akan terus dilakukan agar wajib pajak paham manfaat dari Tax Amnesty," jelas Kepala Kanwil DJP Kaltimra, Samon Jaya.

Ia menjelaskan, pada periode pertama kemarin tercatat hanya 0,77 persen dari 949.885 total wajib pajak terdaftar yang mengikuti tax amnesty periode pertama, baik wajib pajak orang pribadi karyawan, usahawan, dan wajib pajak badan.

Sedangkan jumlah uang tebusan yang diterima oleh kantor pajak pada periode pertama berjumlah Rp983 miliar, dengan harta dalam negeri terdeklarasi mencapai Rp14,3 triliun dan harta luar negeri terdeklarasi mencapai Rp4,3 triliun.

"Dari nominal tersebut dominan dikontribusi oleh wajib pajak orang pribadi pegawai swasta, dengan jumlah Rp541 miliar dan wajib pajak terdaftar yang mengikuti berjumlah 2.564, atau setara dengan 0,40 persen dari total wajib pajak terdaftar sebanyak 565.060," katanya saat dihubungi Senin, (17/10/2016).

Adapun wajib pajak orang pribadi usahawan yang mengikuti tax amnesty pada periode pertama berjumlah 2.286, atau setara dengan 1,82 persen dari 125.629 wajib pajak terdaftar. Uang tebusan yang diterima dari golongan ini mencapai Rp.328 miliar.

Dikatakan Samon, agar keikutsertaan wajib pajak pada Tax Amnesty periode kedua ini lebih besar maka upaya sosialisasi terhadap segala lini dilakukan.

"Tak hanya itu kami juga terua melakukan pemetaan potensi penerimaan pajak di wilayah kerjanya. Pemetaan potensi pajak berdasarkan kategori profesi. Beberapa profesi yang telah didata adalah dokter, konsultan pajak, notaris, pengacara, dan arsitek," tambahnya.

Jurnalis : Ferry Cahyanti / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Ferry Cahyanti

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: