SENIN, 10 OKTOBER 2016

MALANG --- Keikhlasan seorang Ibu dalam merawat dan membesarkan anak-anaknya membuatnya menjadi sosok terhormat yang mempresentasikan kasih sayang. Namun sangat disayangkan, perannya yang sedemikian penting kini justru sering terabaikan. Hal seperti inilah yang nampaknya ingin dituangkan Dr. Ponimin M.hum seorang seniman dari kota Batu dalam karya seni patungnya berjudul 'Keikhlasan Tanpa Batas'.


"Karya patung yang terbuat dari tanah liat (Ethenware clay) ini memang terinspirasi dari keikhlasan tanpa batas seorang Ibu dalam membesarkan anak-anaknya," ucapnya saat memamerkan karyanya di ajang ArtEastIsm#2, Senin (10/10/2016).

Menurutnya dalam filosofi ketimuran, sosok Ibu sangat penting hingga dapat menjadi simbol kehidupan dan juga menghidupi. Sosoknya bagaikan bumi pertiwi yang mampu menghidupi, memberi, menyayangi setulus hati tanpa mengharapkan imbalan dari apa yang mereka berikan. Seandainya kita memberikan imbalan, itu tidak sebanding dengan apa yang mereka ikhlaskan.

"Namun sayang, perannya yang demikian penting justru sering diabaikan. Keikhlasannya justru terlupakan di era globalisasi yang serba teknologi seperti saat ini,"sesalnya.


Dijelaskan, untuk membuat tiga buah patung tersebut dirinya hanya membutuhkan waktu satu bulan. Ia juga mengaku tidak mendapatkan kesulitan yang berarti dalam proses pembuatan patung setinggi tiga merter tersebut.

"Sejak kecil saya sudah bergelut dengan tanah liat, jadi tidak ada masalah dalam membuat patung-patung ini. Semuanya terbuat dari bahan tanah liat, kecuali rangka yang terbuat dari besi,"ujar lulusan S3 Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Meskipun mengaku tidak mengalami banyak masalah, Ponimin yang juga berprofesi sebagai dosen di UM ini menyampaikan bahwa butuh ketelatenan dalam menyelesaikan patung-patung tersebut. Menurutnya, ketelatenan dalam berproses sebenarnya juga memiliki filosofi. 

"Ketelatenan kita dalam membentuk patung ini seperti seorang Ibu yang telaten merawat, menyusui dan menimang anaknya,"pungkasnya.
[Agus Nurchaliq]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: