RABU, 5 OKTOBER 2016

BALIKPAPAN---Persiapan mengaktifkan kembali Pelabuhan Somber Balikpapan mulai dilakukan Dinas Perhubungan. Persiapan itu diantaranya dengan menginventarisasi kebutuhan dan kelengkapan pelabuhan sebagai pelabuhan antar pulau bagi penumpang dan barang.


Kadishub Balikpapan Sudirman Djayaleksana menjelaskan pendataan kelengkapan pelabuhan sudah selesai dilakukan seperti sandar kapal, terminal parkir, kelengkapan pendukung lainnya seperti toilet, ruang ibadah.

"Untuk mengoperasikan pelabuhan itu harus dari nol lagi, setelah melakukan konsultasi dengan kementrian mengenai perizinannya. Beberapa sebagai syarat harus dilengkapi," jelasnya Rabu (5/10/2016).

Menurut Sudirman, untuk mendapat izin operasional beberapa persyaratan harus dilengkapi. Kelengkapan itu seperti perlengkapan di pelabuhan dalam bersandar, kelengkapan fasilitas dan sarana pendukungnya.

"Untuk melengkapi, kita lihat lagi dengan melihat anggaran untuk melengkapi persyaratan. Jadi belum tahu kapan, karena kondisi defisit, dan berapa yang akan dipangkas," tandasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Rahmad Mas'ud mengungkapkan untuk mengaktifkan Pelabuhan Somber tidak membutuhkan biaya besar karena pelabuhan sudah ada. Sehingga kini masih memantapkan tahap-tahapan operasional pelabuhan seperti infrastruktur pendukung termasuk perizinan. Karena itu diyakini,  defisit tidak banyak berpengaruh pada pengoperasian Pelabuhan Somber.

"Hal ini akan dikomunikasikan lebih jauh dengan SKPD terkait, Walikota, kalangan dewan termasuk perusahaan daerah Balikpapan. Pinjam dana ke Perusda juga bisa kalau tidak banyak," ujarnya.

Jurnalis : Ferry Cahyanti / Editor : Rayvan lesilolo / Foto : Ferry Cahyanti
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: