SENIN, 31 OKTOBER 2016

JAKARTA --- Sebuah rangkaian Kereta Api (KA) barang yang biasanya mengangkut kontainer atau peti kemas dikhabarkan mengalami musibah kecelakaan atau mengalami anjlok. Lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) anjloknya KA barang tersebut terjadi diantara perbatasan. Desa Cikaum Barat dan Cikaum Timur, Kecamatan Cikaum, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Minggu siang (30/10/3016) pada sekitar pukul 13:05 WIB.


TKP anjloknya KA barang yang kebetulan kosong alias sedang tidak mengangkut kontainer tersebut tepatnya terjadi di KM 115+400 dari arah Cirebon, Jawa Barat, menuju ke arah Jakarta. Dikhabarkan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini, namun akibat dari kecelakaan ini, jalur rel KA yang ada di sekitarnya sempat tidak dapat dilalui rangkaian KA selama beberapa jam.


Akibat anjloknya 6 rangkaian KA barang tersebut ternyata imbasnya langsung berdampak terhadap jadwal keberangkatan dan kedatangan KA penumpang tujuan Jakarta maupun tujuan Cirebon, Jawa Barat. Jadwal perjalanan KA dari Stasiun Jakarta Gambir maupun Stasiun Jakarta Pasar Senen menuju ke Stasiun Cirebon Kejaksan maupun Stasiun Cirebon Prujakan atau sebaliknya sempat molor selama berjam-jam.


Pantauan langsung Cendana News dari Stasiun Jakarta Pasar Senen, Jakarta Pusat, hingga pukul 10:00 WIB, sebagian besar penumpang telah diberangkatkan secara bertahap menuju ke tempat tujuannya masing-masing. Sebelumnya jadwal keberangkatan maupun kedatangan KA penumpang sempat terganggu, Rata-rata semua KA sempat mengalami keterlambatan yang bervariasi, yaitu antara 5 hingga 9 jam.

Akibat kejadian ini, sebagian penumpang ternyata banyak yang memilih untuk membatalkan atau menunda jadwal keberangkatan hingga keesokan harinya. Namun bagi para penumpang yang sudah terlanjur naik didalam KA mau tidak mau hanya bisa pasrah tidak dapat berbuat apa-apa sembari menunggu antrian KA berjalan pelan dengan kecepatan 5 km per jam secara bergantian pada saat sedang melintasi lokasi TKP kecelakaan tersebut.


"Memang benar kemarin ada KA barang yang mengalami anjlok di daerah Cikaum, Kabupaten Subang, Jawa Barat, dampaknya puluhan jadwal keberangkatan maupun kedatangan KA penumpang dari Jakarta menuju Cirebon atau sebaliknya sempat terganggu alias mengalami keterlambatan bervariasi, antara 5 hingga 9 jam, namun perlahan secara bertahap seluruh penumpang telah kita berangkatkan" kata Sapto Hartoyo, Manager Humas PT. KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta ketika dihubungi wartawan di Jakarta, Senin pagi (31/10/2016).

Jurnalis : Eko Sulestyono / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Eko Sulestyono
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: