SABTU, 1 OKTOBER 2016

LAMPUNG --- Koramil 421-10/Katibung Lampung Selatan memeriahkan hari ulang tahun ke-71 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Hari Kesaktian Pancasila dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan, diantaranya lomba antar Koramil serta lomba cipta lagu perjuangan dengan sistem paduan suara atau vocal group. 


Danramil 421-10/Katibung, Kapten Inf Norizwan Tamin menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan langkah Koramil untuk menumbuhkan jiwa patriotisme, perjuangan serta mengenang jasa jasa pahlawan yang telah gugur merebut maupun mempertahankan kemerdekaan RI. Sebab tanpa ada kegiatan tersebut banyak siswa sekolah yang lupa akan perjuangan para pahlawan bahkan hari-hari besar nasional yang kini sudah banyak dilupakan diantaranya hari berkabung nasional 30 September banyak yang tak mengibarkan bendera setengah tiang dan juga Hari Kesaktian Pancasila.

Kegiatan cipta lagu lagu perjuangan tersebut bahkan antusias diikuti oleh sekolah sekolah tingkat menengah atas yang ada di wilayah Koramil 10 Katibung dengan waktu persiapan yang diberikan cukup lama. Persiapan waktu yang lama tersebut diantaranya memberi kesempatan bagi kelompok kelompok paduan suara untuk mempersiapkan diri lengkap dengan lagu lagu perjuangan yang diciptakan.

“Berbagai sekolah mengirimkan beberapa grup berikut lagu-lagu yang diciptakan dan ditampilkan sekaligus menyanyikan lagu lagu perjuangan. Dilihat dari pesertanya kita lihat sangat antusias baik dari jumlah peserta maupun jumlah suporter yang memeriahkan kegiatan tersebut,” terang Danramil 421-10/LS Kapten Inf Norizwan Tamin kepada Cendana News, Sabtu (1/10/2016).

Antusiasme tersebut menurut Kapten Norizwan Tamin menunjukkan bahwa pelajar di wilayah tersebut masih memiliki semangat perjuangan dan masih memiliki jiwa patriotisme. Selain kegiatan perlombaan tersebut mewajibkan peserta menampilkan lagu karya sendiri namun juga menyanyikan lagu lagu wajib bernuansa perjuangan yang ditampilkan dengan berbagai atribut perjuangan maupun menggunakan seragam pramuka.

Ia bahkan mengaku perlombaan tersebut diikuti 31 peserta yang lengkap menampilkan lagu lagu perjuangan dengan berbagai atribut dan juga menggunakan alat alat musik baik tradisional maupun alat musik modern. Selain peserta yang ikut lomba cipta lagu tersebut diramaikan juga berikut suporter yang berdasarkan data panitia lebih kurang berjumlah sekitar 70 orang.

Tercatat peserta lomba cipta lagu perjuangan dan menyanyikan lagu perjuangan tersebut diantaranya diikuti SMAN 1 Katibung, SMA PGRI Tarahan, SMKN Katibung, Madrasah Aliyah Ma'arif Pardasuka serta beberapa sekolah di wilayah tersebut. Beberapa lagu lagu wajib perjuangan yang diperlombakan diantaranya Maju Tak Gentar, Bagimu Negeri, Gugur Bunga serta beberapa lagu perjuangan sementara lagu lagu ciptaan ditampilkan oleh setiap kelompok paduan suara atau vocal group.

Sesuai penilaian panitia yang terdiri dari anggota Koramil Katibung, guru kesenian sekolah akhirnya ditetapkan beberapa juara perlombaan lagu lagu perjuangan tersebut diantaranya menetapkan pemenang diantaranya:

1.Madrasah Aliyah Ma'arif.   Pardasuka
2.SMKN Katibung.
3.SMA PGRI Tarahan
4.SMAN 1 Katibung.

Norizwan Tamin mengaku kegiatan vocal grup tersebut juga dimeriahkan dengan tarian tradisional diantaranya Tari Sigekh Pengunten,Lomba Baca Puisi, Lomba Cipta Lagu Perjuangan. Selain itu disisipkan kegiatan sosio drama sejarah perjuangan nasional serta perjuangan pahlawan yang ada di Lampung.


Kegiatan yang dilakukan rutin setiap tahun bertepatan dengan HUT TNI ke-71 dan Hari Kesaktian Pancasila. Menurut Norizwan akan dilakukan setiap tahun dan diharapkan tidak diikuti oleh hanya siswa tingkat SMA melainkan dari tingkat SD dan SMP. Sebagai penghargaan kepada peserta seluruh peserta memperoleh piagam penghargaan dan bagi para juara memperoleh tambahan uang pembinaan dan trophy penghargaan yang langsung diserahkan oleh Danramil Katibung.
[Henk Widi]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: