MINGGU, 2 OKTOBER 2016

LAMPUNG --- Komisariat cabang (Komcab) Pemuda Katolik Kabupaten Pringsewu Lampung menggelar musyawarah Komcab di aula SMA Xaveriius Pringsewu. Ketua Pantita Muskomcab, Yohanes Surono menyebutkan, kegiatan dihadiri sekitar 150 peserta dari beberapa wilayah. Sebagai sebuah organisasi pemuda Katolik yang ingin menjunjung tinggi keberagaman sebagai warga negara Indonesia, Yohanes Surono mengungkapkan Musyawarah Komisariat Cabang Pemuda Katolik Kabupaten Pringsewu mengambil tema "Menjadi Kader Berjiwa Pluralisme Dalam Membangun Gereja dan Bangsa". 


Beberapa undangan diantaranya hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya alumi dan tokoh agama Katolik di Kabupaten pringsewu diantaranya anggota DPRDD Provinsi Lampung FX. Siman dan anggota DPRD Pringsewu Rahwoyo serta Surypo Cahyono dan Sagang Nainggolan.

Ia mengaku selain sebagai pertemuan para kader pemuda Katolik, kegiatan musyawarah tersebut merupakan kegiatan untuk meregenerasi kepemimpinan diantaranya kepengurusan baru Komcab pemuda Katolik Kabupaten Pringsewu  masa bhakti 2016-2019. Pembentukan pengurus baru tersebut sekaligus merupakan penyegaran dalam berorganisasi dan juga agar organisasi pemuda Katolik lebih bisa berbuat banyak bagi bangsa dan negara.

"Pembukaan acara Muskomcab kali ini langsung dihadiri oleh Haji Sujadi sebagai bupati Pringsewu yang akan membuka sekaligus memberi pesan pesan bagi para pengurus, bagi seluruh kader komisariat cabang pemuda Katolik di Kabupaten Pringsewu ini,"terang Yohanes Surono, Minggu (2/10/2016).

Sementara itu terkait penyelenggaraan musyawarah cabang Pemuda Katolik pringsewu, ketua Komcab pemuda Katolik pringsewu leo Bambang Irawan mengungkapkan segala proses telah dilakukan sebelum pelaksanaan muskocab tersebut. Proses tersebut diantaranya para peserta wajib mengikuti masa penerimaan anggota (Mapenta) untuk bisa menjadi anggota Komisariat Pemuda Katolik Kabupaten Pringsewu. Selanjutnya setelah mengikuti masa mapenta maka anggota baru bisa boleh mengikuti kegiatan inti berupa Muskomcab.

Paska kegiatan tersebut ia berharap pemuda Katolik dalam perkembangan ke depan bisa menjadi sebuah wadah untuk mempersatukan pemuda Katolik khususnya di Kabupaten Pringsewu dan di Provinsi Lampung pada umumnya. Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dari wilayah Paroki Pringsewu secara teritorial berasal dari wilayah beberapa kecamatan diantaranya dari sebanyak 9 kecamatan yang ada di pemerintah Kabupaten Pringsewu.

Ia melanjutkan berdasarkan wilayah Gerejawi, wilayah Kabupaten Pringsewu berada di bawah hirarki dua wilayah Pastorial Paroki diantaranya Paroki Pringsewu yang terdiri dari wilayah yang disebut stasi diantaranya masuk di Kecamatan Pringsewu, Kecamatan Pagelaran, Pagelaran Utara, Ambarawa, Pardasuka dan Gadingrejo. Sementara tiga wilayah lain masuk dalam Pastorial Paroki Kalirejo yang berada di wilayah administratif Kabupaten Lampung Tengah yang meliputi Kecamatan Sukoharjo, Kecamatan Adiluwih dan Banyumas.


Harapan Pemuda Katolik dalam kehidupan bernegara dan juga beragama ke depan ia berharap pemuda Katolik bisa menjadi organisasi kepemudaan seperti organisasi umumnya yang ada di Kabupaten pringsewu. Harapan tersebut merupakan implementasi dari adanya keberagaman yang ada di Pringsewu diantaranya untuk memajukan Kabupaten Pringsewu sekaligus semboyan Kabupaten Pringsewu yakni "Jejama Secancanan" yang berarti bersama sama saling bergandengan tangan atau upaya untuk melakukan budaya gotong royong.
[Henk Widi]

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: