RABU, 12 OKTOBER 2016

YOGYAKARTA --- Selain di kawasan obyek wisata Plawang Turgo, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, longsor juga terjadi di 30 titik di sepanjang Kali Kuning, Cangkringan, Sleman. Longsor di Kali Kuning bahkan menyebabkan terganggunya saluran air bersih bagi 2.050 pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten setempat.


Meski tak ada korban jiwa dan bangunan rumah atau pemukiman, longsor yang terjadi kemarin petang juga merusakkan beberapa pipa saluran air bersih. Longsor yang terjadi di sisi barat jembatan Plunyon Kali Kuning, Cangkringan, Sleman menimbun pipa saluran air milik PDAM Sleman dan mengakibatkan kebocoran, sehingga mengganggu pasokan air bagi pelanggan yang jumlahnya mencapai 2.050 KK.

Koordinator Pemantauan Potensi Bencana Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah DI Yogyakarta, Krisnadi, dihubungi via telepom, Rabu (12/10/2016), mengatakan, longsor yang terjadi petang kemarin menimbun dan merusakkan pipa saluran PDAM di tiga wilayah, yakni PDAM Tirto Gondang, Kaliurang, PDAM Umbulharjo di Kota Yogyakarta dan PDAM Pangoan Rangkah Parang Kendal.

"Pipa PDAM Sleman yang rusak di Tirto Gondang Kaliurang melayani 200 KK. PDAM Umbul Wadon melayani 1.500 KK dan pipa hydran ke warga Pangoan, Rangkah, Parang Kendal melayani 350 KK," jelasnya.

Disebutkan, selainmenimbun sejumlah pipa saluran air PDAM, longsor juga mengakibatkan tertimbunnya saluran air di salah satu talud, sehingga memutuskan saluran irigasi.

Disebutkan Krisnadi, beberapa petugas dibantu Tim SAR dan BPBD telah melakukan pembersihan lokasi longsor yang disebabkan oleh turunnya hujan lebat dengan durasi cukup lama pada hari sebelumnya.
[Koko Triarko] 

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: