RABU, 12 OKTOBER 2016

ACEH --- Lembaga Swadaya Masayarakat (LSM) Bina Rakyat Sejahtera (Bytra) Aceh menggelar Workshop Strategi Pembangunan Perkebunan Dan Implementasi Moratorium Izin Perkebenunan Sawit Baru di Kabupaten Aceh Utara. Workshop digelar di Hall Room Hotel Lido Graha, Lhokseumawe, Aceh, Rabu (12/10/2016).


Dalam kegiatan tersebut, LSM Bytra mengundang sejumlah narasumber diantaranya kalangan akademisi perkebunan, hukum, dan akademisi ekonomi. Selain itu juga hadir Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib serta sejumlah praktisi.

Program Manager LSM Bytra, Muhadi Bukhari, mengatakan, kegiatan workshop tersebut diinisiasi sebagai salah satu langkah untuk menemukan solusi strategis. Khususnya yang harus ditepuh oleh Satuan Perangkat Kerja (SKPK) terkait.

“Khususnya yang tercantum dalam amanat instruksi bupati, dan juga apa yang mesti dilakukan oleh elemen-elemn lain, baik akademisi, organsisasi sipil, masyarakat dan termasuk juga insan pers atau awak media,” ujar Muhadi Buhari, kepada Cendana News.

Ia melanjutkan, semua jawaban yang diperoleh dari kegiatan tersebut nantinya untuk menjawab terwujudnya perekebunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Selain itu, katanya juga diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat demi mewujudkan kesejahteraan yang merata.

Muhadi juga menambahkan, sebagai salah satu daerah yag kaya dengan hasil alam, Aceh Utara, menjadi sasaran bagi pelaku usaha untuk mengambangkan usahanya, terutama dikawasan hutan. Hal tersebut, menurut Muhadi mengakibatkan adanya pembukaan lahan baru dan perusakan kawasan hutan terus terjadi.

“Hasil akhir yang ingin dicapai dari workshop ini adalah bagaimana kita semua bisa membangun kesepahaman bersama tentang strategi implementasi pembangunan yang searah dengan kebijakan dimaksud,” pungkas Muhadi.

Jurnalis : Zulfikar Husein / Editor : Rayvan lesilolo / Foto : Zulfikar Husein

Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: