SENIN, 17 OKTOBER 2016

SUMENEP --- Banyaknya tumpukan sampah yang ada di sepanjang pantai Desa Kalianget Timur, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus dikeluhkan oleh masyarakat daerah setempat. Pasalnya keberadaan sampah tersebut sampai sekarang semakin memprihatinkan, namun sayangnya masih belum ada perhatian serius dari pihak terkait, bahkan keberadaan sampah yang sudah membau dibiarkan begitu saja.


Dari hari ke hari tumpukan sampah yang dibuang sembarangan oleh warga semakin banyak, sehingga masyarakat yang tinggal disekitar pesisir pantai tersebut mulai resah. Pasalnya mereka khawatir keberadaan sampah yang berserakan dapat mengancam terhadap kesehatan penduduk setempat, karena sampah tersebut bukan dari penduduk setempat, bahkan yang banyak sampah itu berasal dari pelabuhan Kalianget yang dibuang oleh penumpang kapal tidak pada tempatnya.


“Jadi sampah yang ada di pinggir pantai ini semakin lama tambah banyak, apalagi selama ini memang tidak pernah ada perhatian dari pemerintah daerah setempat. Padahal ini sudah meresahkan penduduk yang ber,ukim dekat dengan pantai, karena mereka merasa takut akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dari dampak sampah itu,” kata Sarkawi, salah seorang tokoh masyarakat Desa Kalianget Timur, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Senin (17/10/2016).


Disebutkan, bahwa ia bersama warga yang berada di desa itu sudah sering melakukan gotong royong untuk membersihkan sampah yang ada di pinggir pantai, namun dengan keterbatasan alat serta tenaga yang mereka miliki tidak mampu melakukan secara terus menerus. Karena tumpukan sampah yang berserakan tidak sedikit, tetapi jumlah sampah yang ada cukup banyak, sehingga bisa hanya mengandalkan tenaga manusia saja.

“Selama ini pemerintah terkesan tutup mata dengan menumpuknya sampah yang telah meresahkan warga, karena tidak mencarikan solusi atau mengangkat sampah jauh dari pemukiman warga. Dengan kondisi ini masyarakat sekitar merasa kesehatannya terancam, sebab  setiap hari mereka menghirup udara yang tidak sehat dari bau busuk tumpukan sampah tersebut,” jelasnya.


Mereka berharap pemerintah secepatnya mengambil langkah kongkrit mengatasi banyaknya sampah yang kian memprihatinkan, supaya keresahan masyarakat dengan banyak sampah yang bau membusuk terasa berkurang dan bisa menjalani hidup lebih nyaman.

Jurnalis : M. Fahrul / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : M. Fahrul
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: