RABU, 5 OKTOBER 2016

SURABAYA --- Tim Spektronics 12 yang pada bulan september lalu mengikuti ajang bergengsi International Chemeca 2016 di Australia dan berhasil menyabet juara pertama kategori race competition. Tak heran, jika tim yang diketuai oleh Putu Adhi Rama Wijaya mendapat apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya dari Ikatan Orang Tua Mahasiswa (IKOMA) ITS.


Sore ini, Rabu (5/10/2016), IKOMA ITS memberikan bonus uang untuk pengembangan dan kemajuan kepada tim spektronics 12 yang langsung diberikan oleh ketua IKOMA ITS, Ir. Z. Arief Roesman.

"Sebagai orang tua mestinya bangga. Karena kesuksesan anak itu ialah kebanggaan orang tua," kata Arief saat memberi sambutan penyerahan bonus.

Arif melanjutkan pemberian bonus ini berasal dari iuran rutin anggota orang tua mahasiswa. Iuran itu pada dasarnya dari orang tua mahasiswa dan akan dikembalikan lagi kepada mahasiswa melalui agenda-agenda seperti ini. Walaupun ada alokasi di bidang yang lain juga tentunya.

Menurut Ir. Rudhy Ivan Noor selaku pengurus IKOMA ITS bagian Pendidikan dan IPTEK menyebutkan bahwa alokasi dana untuk pengembangan IPTEK sebesar 15 persen dari dana iuran anggota IKOMA. 

"Bidang pendidikan dan IPTEK itu alokasi dana dari iuran anggota IKOMA sama yaitu 15 persen. Alokasi yang untuk pendidikan itu biasa digunakan untuk membantu mahasiswa yang kesulitan masalah pembayaran," terangnya.

Sementara itu rektor ITS, Joni Hermana menyatakan kebanggaannya kepada tim spektronics 12. 

"Menurut saya, ini merupakan prestasi yang membanggakan, tidak hanya untuk ITS pastinya melainkan juga untuk Indonesia. Mengingat perlombaan ini merupakan perlombaan dalam tingkat internasional," tuturnya.

Tantangan kedepan, Joni menambahkan, ITS akan berusaha mempertahankan apa yang telah dicapai. Sebenarnya perlombaan itu hanya media saja. Yang lebih penting sebetulnya adalah bagaimana penemuan-penemuan yang ada tersebut dapat dikembangkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat.


Selaku ketua tim spektronics 12, Putu Adhi Rama Wijaya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung timnya sehingga dapat memperoleh juara pertama dalam ajang internasional.

"Terimakasih kepada semua pendukung tim kami, khususnya IKOMA yang setiap tahunnya selalu mendukung kami sehingga kami dapat memperoleh juara pertama pada tahun 2016 ini,"katanya.

Sebagai informasi, tim spektronics 12 menciptakan mobil prototipe mini yang tidak menggunakan bahan bakar minyak melainkan memanfaatkan oksigen di udara. Mobil mini ini berkonsep elektrokimia.
[Nanang WP]

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: