RABU, 19 OKTOBER 2016

KAYONG UTARA --- Di sebuah pulau terpencil di Kalimantan Barat, potensi perikanan melimpah seperti di Desa Tanjung Satai, Kecamatan Pulau Maya, Kabupaten Kayong Utara. Masyarakatnya yang terisolir setiap harinya pergi melaut.


Efendi, pria kelahiran 1967, warga Desa Tanjung Satai, Kecamatan Pulau Maya, Kabupaten Kayong Utara, mengakui jika dalam sekali melalut dengan kapal berukuran kecil bisa mendapatkan berton-ton.

"Di sana banyak ikan. Sekali pergi menangkap ikan pakai pukat ceriut dapat 2 ton berbagai jenis ikan dalam satu malam," tutur Efendi kepada media di Kayong Utara, Rabu (19/10/2016).

Disebutkan, melimpahnya ikan di pulaunya karena masyarakat setempat selalu menjaga ekositem biota laut. Caranya adalah, tidak mempergunakan alat tangkap ikan yang dilarang oleh pemerintah setempat, yakni trawl. Bahkan, ia menyebut jika dalam kondisi cuaca baik pendatapan tangkapan ikan diluar dugaan.

"Kalau nasib baik, bisa 7 ton," ucapnya.

Warga pulau punya cara tersendiri dan jadwal yang teratur dalam mencari ikan di wilayah perairan laut Selat Karimata tersebut. Maka jadwal musim ikan melimpah pun mereka catat dan diingat masing-masing-masing nelayan. Karena, dengan jadwal itulah nelayan tidak sia-sia dalam mencari ikan di laut lepas itu.

"Ada musim bulan 3, bulan 5 dalam setiap tahunnya. 11 ton sekali dapat jika mengikuti jadwal. Sampai kapalnya tidak muat ikan," tuturnya bersyukur.

Ikan yang didapat para nelayan ini selanjutnya dijual kepada para pengepul ikan atau tengkulak. Mengingat, biaya selama melaut, para nelayan ini meminjam dahulu dari para tengkulak tersebut.

"Dijual ke tengkulak. Dipotong biaya. Bersihnya dapat Rp 5 sampai Rp 7 juta sekali melalut. Itu sudah dipotong utang alias bersihnya," ucapnya.

Penghasilan uang tangkapan ikan itu, para nelayan menabungnya di Ibu Kota Kabupaten Kayong Utara, Sukadana. Sebab, para nelayan ini mempunyai anak yang masih sekolah di Sukadana. Mulai dari SMP hingga SMA bersekolah di Sukadana.
Jurnalis : Aceng Mukaram / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Aceng Mukaram

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: