MINGGU, 16 OKTOBER 2016

SURABAYA --- Musik tradisional jawa, Gamelan hingga kini masih terus eksis dan populer. Gamelan ini banyak dipakai dan ditempatkan di hotel sebagai salah satu musik tradisional untuk menarik tamu dan wisatawan yang berkunjung dan menginap di hotel, seperti yang ada di hotel Elmi Jalan Panglima Sudirman Surabaya, Jawa Timur.


Di tempat itu musik tradisional jawa atau Gamelan di mainkan oleh sekelompok orang yang disebut "wiyogo". Musik ini dimainkan dengan diiringi oleh penyanyi wanita yang disebut "waranggono dan penyanyi pria yang disebut "wiraswara". Musik ini sering juga disebut "uyon-uyon" yang terdiri dari berbagai macam lagu.

Menurut Ibu Winda, kelompok musik Karawitan, musik tradisional ini setiap hari berada di hotel Elmi dan menghibur tamu selama dua jam dari pukul 18.00-20.00 Wib. Selama tampil dua jam selalu membawakan lagu sambil memainkan musik hingga 15 sampai 20 lagu. Dikatakan ibu parubaya ini dalam musik tradisional jawa banyak istilah yang di gunakan terutama istilah dalam Gamelan dan Karawitan.


"Kami bersyukur musik ini masih terus dilestarikan oleh pemerintah baik daerah maupun pemerintah pusat, sehingga para pemain musik selalu mendapat job di beberapa tempat untuk memainkan alat musik tradisional khas Jawa ini yaitu Karawitan dan Gamelan meski honornya kecil," katanya pada Cendana News, Minggu (16/10/2016).
[Ishak Kusrant] 

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: