KAMIS, 6 OKTOBER 2016

SOLO --- Kebakaran hebat terjadi di pabrik tekstil di Karanganyar,  Jawa Tengah,  pada Rabu petang (5/10/16). Hingga Kamis dini hari api belum bisa dipadamkan. Banyaknya material mudah terbakar di dalam pabrik, membuat kobaran api sulit dipadamkan.
.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Nugroho mengatakan, kebakaran  itu terjadi sekitar pukul 5 sore. Menurut saksi mata, kepulan asap mulai muncul dari arah gudang penyimpanan bahan tekstil.

“Saksi dari pihak pabrik menyatakan asap mulai muncul di gudang kapas. Selanjutnya api mulai membesar dan tak terkendali,” ucap Nugroho kepada Cendana News, Rabu malam. 


Kebakaran pabrik tekstik PT Agungtex yang terletak di Desa Grumbulsawit, Kecamatan Jaten, Karanganyar, hingga pukul 22.00 WIB,  api tampak berkobar besar. Petugas BPBD juga telah mengerahkan puluhan mobil pemadan kebakaran yang berasal dari Eks Karisedenan Surakarta, namun juga belum bisa menjinakkan api.  “Kobaran api paling besar terjadi di bagian gudang pabrik, yang berisi material benang dan kapas dalam jumlah banyak,” jelasnya. 


Ditambahkan, puluhan petugas kebakaran dibantu dengan aparat TNI dan Polri baru bisa menjinakkan api setelah 12 jam lebih api membakar pabrik tekstil tersebut. “Api baru bisa diminimalisir setelah subuh tadi, sekitar pukul 05.00 WIB. Saat ini kita masih melakukan pendinginan untuk memastikan api benar-benar padam” imbuhnya. 


Nugroho belum dapat memastikan berapa kerugian yang diakibatkan kebakaran pabrik pemintalan benang tersebut.  Demikian juga untuk penyebab terjadinya kebarakan juga masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. “Untuk kerugian dari pihak perusahaan masih menghitungnya. Untuk penyebab masih menunggu  Labfor  Polisi,” pungkasnya. 

Jurnalis : Harun Alrosid / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Harun Alrosid
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: