SENIN, 10 OKTOBER 2016

JAKARTA---Rapat Kerja (Raker) Komisi X DPR RI dengan Kementerian olahraga (Kemenpora) Membahas Persiapan Panitia Kerja (Panja) Asian Games XVIII 2018. 


Dalam Raker tersebut, Ketua Komisi X DPR RI Teuku Riefky Harsya meminta Kemenpora RI untuk menindaklanjuti temuan BPK RI sebagaimana dimaksud pada surat BPK RI Nomor 144/S/V/06/2016 perihal hasil pemeriksaan dengan tujuan tertentu atas penggunaan anggaran dan kegiatan terkait persiapan penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018.

"Dari Temuan BPK Pada tanggal 22 juni 2016 yaitu dana yang harus disetor ke kas negara sebesar Rp 41.05 Milliar," kata Teuku dalam Raker di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (10/10/2016).

Untuk itu, Komisi X mendesak Kemenpora RI agar segera merencanakan dan menghitung alokasi anggaran secara cermat untuk penganggaran Asian Games tahun 2018. Sebab, kata Teuku, Anggaran Asian Games tersebut didanai APBN pada RAPBN Tahun 2017, RAPBN Perubahan 2017 dan RAPBN-P tahun 2018.

"Jadi Kemenpora dalam hal ini, semestinya mengambil langkah langkah strategis berdasarkan ketentuan perundang-undangan," paparnya.

Sementara itu, Anggota Komisi X, Popong Otje Djundjunan alias Ceu Popong menegaskan pihaknya di Komisi X sangat serius menangani Panja tersebut.

"Jadi temuan BPK, harus ditindaklanjuti, sebab ini uang rakyat, maksud Ceu Popong adalah jangan sampai yang sudah sudah menyisakan masalah,"tegasnya

Popong menyampaikan bahwa Kementerian Olahraga mesti melakukan rekomendasi Panja Komisi X tersebut dengan sungguh-sungguh. Sebab apa yang dituangkan dalam rekomendasi Panja tersebut semata mata untuk kemajuan bangsa dan negara khususnya bidang keolahragaan.

Rekomendasi Panja ini juga, sambung Popong, guna mewujudkan sukses administrasi penyelenggara, sukses prestasi olahraga, dan sukses pemberdayaan ekonomi sesuai perundang-undangan.

"Kesalahan yang sudah mohon tidak diulangi kembali. Jadi rekomendasi Panja yang telah disampaikan terkait temuan BPK ini, Bukan hanya diperhatikan, tapi harus dilaksanakan," tutupnya

Jurnalis : Adista Pattisahusiwa / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Adista Pattisahusiwa
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: