JUMAT, 14 OKTOBER 2016

BALIKPAPAN --- Memastikan ketersediaan dan kemudahan bagi masyarakat akan kebutuhan pangan, Perum Bulog wilayah Kaltimra membuka Rumah Pangan Kita (RPK) di depan kantor Bulog Balikpapan. RPK ini hadir sejak satu bulan yang lalu, dan masyarakat mulai banyak yang mengetahui keberadaannya.


Kepala Divisi Regional (Divre) Kaltim dan Kaltara (Kaltimra) Yayan Suparyan mengungkapkan RPK ini salah upaya pemerintah memotong rantai distribusi sehingga masyarakat dapat beli langsung kebutuhan pangan dan membuka kesempatan kepada mitra dengan harga yang terjangkau. Kebutuhan pangan itu yakni beras dan gula pasir.

"Bahan pangan utamanya Beras, secara bertahap komoditinya akan ditambah. Sekarang yang ada beras dan gula pasir," ucapnya Jumat, (14/10/2016).

Yayan menjelaskan beras yang disediakan juga terdapat dua jenis yakni beras medium dan Premium. 

"Sejak RPK ini dibuka respon masyarakat yang datang cukup besar baik mitra maupun perorangan," ujarnya.

Ia menyebutkan untuk menjadi mitra atau membangun RPK melampirkan rekomendasi dari perangkat di lingkungan tempat tinggal, menyediakan tempat untuk berjualan.

"Modalnya juga menyesuaikan kemampuan mitra, agar tidak membebani. Harga yang ditawarkan juga sesuai yang dipatok pemerintah. Kini jaringan RPK sudah ada 20 titik," jelasnya.

Sementara harga yang dipatok di rumah pangan kita seperti beras jenis medium Rp 7.900 per Kg dan jenis premium Rp 8.700 per Kg. Sedangkan gula pasir Rp12.500.

Sementara itu, salah seorang warga Yanti mengatakan kehadiran RPK ini membantu masyarakat untuk memperoleh beras dan gula pasir dengan harga yang terjangkau.

"Saya sudah dua kali beli beras dan gula pasir, bukan untuk dijual tapi untuk dikonsumsi sendiri. Belinya juga tidak banyak 2 Kg Gula Pasir dan 5 Kg beras," katanya.
[Ferry Cahyanti]

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: