RABU, 12 OKTOBER 2016

JAKARTA --- Hari ini agenda persidangan terkait kasus perkara "Kopi Sianida" dengan terdakwa tunggal yaitu Jessica Kumala Wongso dijadwalkan akan mendengarkan pembacaan nota pembelaan untuk terdakwa atau yang dikenal dengan istilah Pledoi. Kalau tidak ada perubahan, dihadwalkan persidangan akan dimulai sekitar pukul 09:00 WIab di Gedung Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu pagi  (12/10/2016).


Pantauan langsung Cendana News dari Gedung PN Jakarta Pusat tampak terlihat sangat ramai, meski jalannya persidangan belum dimulai, namun para pengunjung maupun penonton persidangan, para awak media cetak maupun elektronik dan aparat kepolisian sudah memenuhi ruangan persidangan. Diperkirakan jalannya persidangan dengan agenda pembacaan Pledoi tersebut akan berlangsung hingga malam nanti.

Sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah membacakan tuntutan 20 tahun hukuman penjara kepada terdakwa Jessica Kumala Wongso dengan dakwaan melakukan pembunuhan berencana terhadap I Wayan Mirna Salihin pada tanggal 6 Januari 2016 di Olivier Cafe, Grand Indonesia Mall, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

JPU pada saat itu menyebutkan dalam tuntutannya menyatakan bahwa terdakwa Jessica Kumala Wongso secara sah dan meyakinkan telah terbukti melakukan pembunuhan terhadap Wayan Mirna dengan cara menaburkan racun Potassium Sianida ke dalam gelas minuman Es Kopi Vietnam yang sebelumnya dipesankan oleh Jessica yang kemudian sempat diminum sebagian oleh korban Wayan Mirna Salihin.

Otto Hasibuan, pengacara sekaligus kuasa hukum Jessica Kumala Wongso sebelum acara persidangan mengatakan "kami selaku kuasa hukum dan pengacara Jessica diberikan waktu selama 5 hari untuk menyusun materi nota pembelaan untuk terdakwa Jessica Kumala Wongso, cuman kami kaget pada saat mendengar ucapan JPU yang menyebutkan bahwa Jessica telah memasukkan 5 gram racun sianida ke dalam gelas Es Kopi Vietnam, menurut saya itu berlebihan, ibaratnya darimana JPU tahu racun tersebut beratnya sekitar 5 gram ?" katanya kepada wartawan, Rabu pagi (12/10/2016).

"Kami selaku pengacara sekaligus kuasa hukum Jessica Kumala Wongso sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik menjelang pembacaan Pledoi yang sebentar lagi akan kita baca
kan dalam persidangan, kita siap membacakan Pledoi untuk membela klien kami (Jessica), hingga saat ini kita masih meyakini bahwa Jessica akan lolos dan selamat dari jeratan hukum yang menimpa dirinya, bahkan tidak tertutup kemungkinan dirinya akan bebas dari vonis tuntutan JPU yaitu ancaman pembunuhan berencana dengan hukuman penjara selama 20 tahun" kata Otto Hasibuan.

Jurnalis ; Eko Sulestyono / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Eko Sulestyono

Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: