KAMIS, 13 OKTOBER 2016

SOLO --- Komisi III DPRD Surakarta menyoal pengelolaan Taman Parkir Loji Wetan yang dilakukan Pemkot Solo. Hal tersebut lantaran pengelolaan taman parkir itu dinilai tidak optimal, dalam pengurai kemacetan di kawasan Pasar Gede maupun Pendapatan Asli Daerah (PAD).


"Pengelolaan taman parkir ini berawal dari upaya Pemkot Solo untuk mengurangi kemacetan di Pasar Gedhe, dengan tidak memperpanjang  sewa lahan yang digunakan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Tapi kenyataan setelah difungsikan sebagai taman parkir, tidak optimal," papar Ketua Komisi III Honda Hendarto, usai meninjau Taman Parkir Loji Wetan dan Pasar Gede, Kamis  (13/10/16).

Tidak optimalnya pengelolaan taman parkir, kata Honda berdampak pada PAD Solo. Sebab, secara realitas, taman parkir jarang digunakan dan terlihat sepi. Sementara upaya untuk mengurangi kepadatan kendaraan di pasar Gehde Solo justru tidak berfungsi dengan baik. 

“Pemkot Solo bisa dikatakan justru merugi. PAD  dari sewa lahan yang sebelumnya cukup besar saat ini hilang, sejak taman parkir didirikan pada 2012 silam,” tekannya.

Disebutkan, oleh karena itu, DPRD mendesak Pemkot segera melakukan terobosan sehingga Taman Parkir Loji Wetan lebih optimal.

"Fasilitas-fasilitas pendukung harus dibenahi. Adanya jembatan penghubung dan akses jalan dari taman parkir ke Pasar Gede harus diperbaiki. Apalagi di kawasan Pasar Gede masih minim lokasi parkir,” tekannya.


Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Soedrajad menyatakan akan melakukan perombakan  terhadap pengelolaan taman parkir. Namun langkah itu akan dilakukan secara bertahap. 

“Kita akui memang kendala saat ini adalah tidak adanya akses langsung menuju pasar Gedhe,” ungkapnya.

Yosca menambahkan, taman Parkir Loji Wetan awalnya hanya diperuntukkan sebagai lokasi parkir alternatif saat kantong-kantong parkir di Benteng Vastenburg dan Jalan Kapten Mulyadi penuh. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan perbaikan penataan taman parkir yang ada saat ini. 
[Harun Alrosid]

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: