SABTU, 15 OKTOBER 2016

SURABAYA --- Universitas Kristen Petra (UK Petra), hari ini, sabtu (15/10/2016) menggelar penggalangan dana untuk anak-anak penyandang disabilitas. Salah satu acaranya yakni pagelaran pentas seni yang menampilkan anak-anak penyandang tuna netra dan tuna grahita unjuk kebolehan di atas panggung. Mereka menampilkan tari-tarian dan seni musik patrol dan angklung.



Acara yang bertajuk "Abdimas Perbaikan SMP YPAB dan Pentas Seni Disabilitas" ini merupakan wujud pengabdian masyarakat yang diprakarsai oleh Departemen Mata Kuliah Umum (DMU) UK Petra. Menurut ketua pelaksana kegiatan, Gunawan Tanuwidjaja, S.T., M.Sc, mengatakan bahwa dalam penyelenggaraan pentas seni ini, pihak panitia bekerjasama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) Siswa Budhi dan Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa - A Yayasan Pendidikan Anak Buta (SMPLB - A YPAB). 

"Kegiatan ini bertujuan untuk menampilkan potensi-potensi seni para anak-anak penyandang disabilitas," katanya saat diwawancarai cendananews di lokasi yakni di Gedung Auditorium UK Petra. 


Gunawan menambahkan, hasil akhir dari kegiatan ini ialah penggalangan dana yang nantinya akan disumbangkan kepada SMPLB - A YPAB untuk merenovasi gedung sekolahan. Rencana renovasi yang dilakukan antara lain pembuatan ramp (jalan bidang miring), pintu geser, dan pelindung jendela dari rangka alumunium. 


Kegiatan ini melibatkan 300 mahasiswa dari 20 jurusan UK Petra sebagai relawan pendamping anak-anak disabilitas. 

"Harapannya agar mahasiswa ada rasa empati pada anak-anak disabilitas. Demikian juga hal ini akan bisa menumbuhkan rasa percaya diri anak-anak disabilitas karena ada perhatian dari orang-orang di sekitarnya," terang Gunawan yang juga sebagai dosen mata kuliah umum UK Petra.

Jurnalis : Nanang Wp / Editor : Rayvan Lesilo / Foto : Nanang Wp
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: