MINGGU, 2 OKTOBER 2016

BALIKPAPAN --- Peringati hari batik Nasional yang jatuh hari ini, Pengrajin batik Balikpapan ikut dalam pameran yang diselenggarakan Pemerintah Kota dan PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan di kedatangan bandara, hari ini (2/10).


Dalam pameran batik ini diikuti belasan pengrajin batik Balikpapan, baik dari pemula hingga pengrajin yang sudah belasan tahun bergelut membatik hingga memasarkannya.

Bahkan salah seorang pengrajin Balikpapan Ana dari Batik Tenun Vi mengaku, pada pembukaan pameran batik ini penjualannya meningkat hingga 50 persen.

"Pembelinya datang dari Yogya, Jakarta dan Sulawesi. Kenaikan omzet melebihi dari hari biasa," katanya disela-sela kegiatan pameran batik, Minggu (2/10/2016).

Ana mengungkapkan dari pembeli yang datang sangat heran karena ternyata Balikpapan memiliki batik dan khasnya sendiri.

"Ini salah satu peluang untuk mempromosikan batik Balikpapan," tandasnya.

Pada pameran batik ini dijual batik tulis, cap dan printing dengan harga bervariasi dengan kualitas bagus.

Pada kesempatan yang sama, pengusaha batik yang juga perajin Batik Arnesta Balikpapan, Rones Triyono mengatakan, awalnya mengembangkan batik Kaltim namun sejak beberapa tahun mulai mengembangkan Batik Balikpapan. Dia mengaku respon masyarakat termasuk luar cukup tinggi dengan kehadiran batik Balikpapan. Selain batik tulis juga dikembangkan batik cap.

"Kalau tulis disini kita jual mulai Rp.375 ribu sampai Rp2 juta. Kalau batik cap kita jual mulai Rp160 hingga 300 ribu," sebutnya.

Sementara itu, GM PT Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Pujiono mengatakan, pameran dan fashion show Batik ini bagian dari AP Sepinggan ikut mempromosikan potensi Balikpapan mengingat Bandara sepinggan sebagai pintu masuk dan gerbang Kaltim-Kaltara.

"Pameran batik Balikpapan ini diharapkan kedepan memberikan dampak positif bagi ekonomi kota termasuk bandar," imbuhnya.
[Ferry Cahyanti]

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: