SELASA, 18 OKTOBER 2016

MALANG --- Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kota Malang, Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan aksi sosial donor darah untuk memperingati hari jadi UM ke-62. Bertempat di Poliklinik UM, aksi donor darah ini rencananya akan di gelar selama dua hari berturut-turut, 18-19 Oktober 2016.


"Selama penyelenggaraan donor darah tersebut kami menargetkan 100 kantong darah per harinya, jadi total ada 200 kantong darah yang kami targetkan selama dua hari tersebut," jelas pelaksana kegiatan donor darah, Dwi Meinita kepada Cendana News, Selasa (18/10/2016).

Ia menambahkan,  meskipun pihaknya hanya menargetkan 100 kantong darah per harinya tapi untuk pendaftarnya bisa lebih dari itu, karena biasanya tidak semua calon pendonor dapat menjadi pendonor. Misalnya saja kondisi tekanan darah, HB maupun kondisi kesehatan calon pendonor pada saat itu tidak sesuai dengan kriteria untuk menjadi seorang pendonor.

Lebih lanjut Dwi mengatakan, pihak UM juga telah menyiapkan sovenir dan konsumsi bagi para pendonor sebagai bentuk apresiasi kepada mereka yang telah rela menyumbangkan darahnya untuk membantu sesama.

"Ada tiga buah sovenir yang kami siapkan untuk bisa dipilih salah satu oleh pendonor, yakni berupa payung, mug, dan kaos,"ucap mahasiswi yang juga menjabat sebagai ketua Korps Sukarela UM ini.


Menurutnya, aksi sosial donor darah ini mendapatkan sambutan yang positif oleh seluruh civitas UM. Ia berharap kegiatan donor darah seperti ini bisa terus rutin dilakukan setiap tahunnya karena yang berminat untuk menjadi pendonor sangat banyak diantaranya para dosen, karyawan, mahasiswa, hingga masyarakat umum.

"Meskipun acara donor darahnya baru dimulai pukul 08.00 WIB, tetapi calon pendonor sudah berkumpul sejak pukul 07.00 WIB. Hal tersebut menunjukkan bahwa mereka sangat antusias untuk turut serta dalam kegiatan donor darah ini," pungkasnya.

Jurnalis : Agus Nurchaliq / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Agus Nurchaliq

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: