MINGGU, 16 OKTOBER 2016

BALIKPAPAN - Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Cabang Balikpapan menjaring para penyandang diabetes untuk bergabung bersama-sama mengedukasi diri, agar penderita mengetahui cara untuk mengurangi resiko-resikonya. Hal itu diungkapkan Ketua Persadia Balikpapan, Dr Lukman Hatta, Sp.PD didepan puluhan orang penderita diabetes bersama Persadia dan Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo, Minggu (16/10).


Ia menjelaskan, kegiatan pertemuan bersama penderita diabetes menjadi wadah berkumpul dan berdiskusi bagi penderita diabetes serta orang-orang yang peduli akan bahaya penyakit tersebut.

"Kegiatan ini juga diselingi dengan pemberian materi mengenai diabetes, untuk menambah pengetahuan masyarakat di bidang kesehatan. Masyarakat harus tetap diingatkan tentang penyakit diabetes termasuk komplikasinya," jelasnya Minggu (16/10).

Disebutkan Lukman, baru 500 penderita yang terdata dalam database penderita Diabetes di kota Balikpapan. Bahkan diperkirakan ada sekitar 25 ribu hingga 30 ribu penderita diabetes di Balikpapan.

"Harapannya para penderita diabetes ke depannya dapat membawa pula keluarga terdekatnya  untuk ikut dalam program ini sehingga keluarga juga dapat melihat dan mendengarkan langsung edukasi diabetes ini," tambahnya.

Lukman menambahkan dengan kegiatan rutin berdiskusi bersama penderita diabetes, akan banyak pengetahuan yang diperoleh. Dan penderita diabetes juga harus rajin jalan sehat ataupun berolahraga untuk mengurangi resiko-resikonya.
[Ferry Cahyanti]

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: