SELASA, 18 OKTOBER 2016

LAMPUNG --- Feedloter atau tempat penggemukan sapi milik PT Juang Jaya Abdi Alam (JJAA) di Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan menerima kunjungan konselor ekonomi,Todd Dias, dan Konselor Pertanian Laura Timmins dari perwakilan Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia. Kedua konselor tersebut mendatangi lokasi Consolidated Pastoral Comany (CPC) tersebut untuk melihat dan memastikan secara langsung dampak atas kebijakan izin baru untuk impor sapi yang diterbitkan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia, Enggartiasto Lukita pada akhir bulan September lalu.


Menurut Emmy Fitri selaku media and strategic communication Australian Embassy di Jakarta melalui keterangan tertulisnya menyebutkan, kedatangan dua perwakilan Kedubes tersebut juga untuk melihat operasional lokasi penggemukan sapi. 

"Selain itu kedua konselor juga untuk mendengar masukan dari manajemen Feedlot mengenai dampak dari perubahan kebijakan yang dilakukan oleh Mendag terutama karena sapi yang dikembangkan di sini didatangkan dari Australia,"ungkap Emmy Fitri, Selasa (18/10/2016).

Dalam kebijakan baru yang dikeluarkan oleh kementerian perdagangan disebutkan pemberlakukan izin baru untuk impor sapi bakalan. Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Luar Negeri, Doddy Edward mengungkapkan, kebijakan tersebut mengharuskan perusahaan penggemukan sapi di Indonesia harus mengimpor sapi dengan perbandingan 1:5 atau dengan perbandingan satu ekor sapi indukan berbanding dengan 5 ekor sapi bakalan.

Terkait kebijakan tersebut juga Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Oke Nurwan mengeluarkan izin impor sebanyak 150 ribu ekor sapi untuk feedloter dengan syarat perusahaan tersebut mengikuti kebijakan baru dari Kemendag.


PT JJAA merupakan perusahaan penggemukan sapi di Lampung Selatan yang telah berdiri sejak tahun 2002. Perusahaan penggemukan sapi yang berlokasi di Lampung tersebut selain melakukan penggemukan sapi juga mmproduksi pupuk organik yang berasal dari kotoran sapi.

Jurnalis : Henk Widi / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Henk Widi

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: