SENIN, 17 OKTOBER 2016

LAMPUNG --- Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-97 yang dilakukan oleh Kodim 0421/LS akan segera berakhir. Berbagai kegiatan dilakukan untuk melakukan proses pra penutupan TMMD ke-97 di Desa Karanganyar Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan tersebut. Menurut Komandan Kodim 0421/LS Letkol.Arm. Untoro Hariyanto, kegiatan TMMD merupakan upaya mendekatkan pesonil TNI dengan masyarakat yang diwujudkan dalam pembangunan di tengah tengah masyarakat. Sebagian besar pembangunan yang telah dikerjakan oleh TNI dan masyarakat diantaranya pembangunan fisik dan nonfisik dan selama dilakukan dalam beberapa pekan proses pembangunan tersebut telah selesai dikerjakan.


Ia mengungkapkan, pembangunan yang merupakan bukti manunggalnya TNI dan rakyat diantaranya jembatan penghubung permanen antara Desa Karang Anyar dan Desa Fajar Baru Kecamatan Jati Agung. Dandim 0421/LS Letkol.Arm.Untoro Hariyanto mengungkapkan jembatan yang di bangun tersebut memiliki panjang bentangan sekitar 30 meter sementara lebar jembatan sekitar 6 meter. Proses pembangunan jembatan yang akan di serah terimakan kepada warga merupakan harapan warga yang berpuluh puluh tahun harus menggunakan jalur lain akibat tidak adanya infrastruktur jembatan penghubung.

"Sebelum kita lakukan penutupan secara resmi kita lakukan kegiatan pra penutupan dengan melakukan kegiatan bersih bersih oleh seluruh personil dan masyarakat dan selanjutnya esok hari akan ditutup dengan resmi kegiatan TMMD ke-97 ini, "ungkap Dandim 0421/LS Letkol. Arm. Untoro Hariyanto dalam upacara pra penutupan TMMD ke-97 di lapangan Desa Karang Anyar Kecamatan Jati Agung, Senin (17/10/2016).


Dalam upacara pra penutupan TMMD ke-97 tersebut sekaligus menjadi upacar pelepasan anggota Kodim 0421/LS yang akan pindah satuan ke Provinsi Riau yang dilakukan oleh Kasdim 0421/LS Mayor Inf. Anwar SE. Pelepasan beberapa anggota yang akan pindah satuan pada upaca pra penutupan TMMD ke-97 tersebut juga dihadiri oleh ratusan prajurit dari Makodim dan jajaran Koramil serta Pabung Kabupaten Pesawaran Mayor Inf. Made Arimbawa, Danramil Katibung Kapten Inf Norizwan Tamin dan jajaran Koramil di wilayah Kodim 0421/LS.

Selesai upacara bendera, pelepasan anggota yang akan pindah tugas, para personil yang ikut hadir dalam pra penutupan TMMD ke-97 tersebut juga melakukan pembersihan lingkungan di sekitar lapangan Desa Karanganyar yang akan digunakan sebagai lokasi puncak penutupan, pemasangan umbul umbul, pemasangan tenda upacara dan gladi upacara penutupan. Rencananya upacara penutupan akan dilakukan pada Rabu (19/10) langsung dipimpin oleh DANPUSTERAD Mayjen TNI Purwadi Mukhson. Pembersihan sampah dan lingkungan di wilayah tersebut sempat terkendala hujan meski setelah hujan berhenti personil Makodim 0421/LS bahu membahu membersihkan sampah berserakan untuk menciptakan lingkungan yang bersih disekitar lapangan Desa Karanganyar.


Sebelumnya pembukaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-97 telah dilakukan di lapangan Desa Karanganyar Kecamatan Jati Agung pada (20/9) lalu. Beberapa program kegiatan dalam kegiatan TMMD ke-97 di wilayah Korem 043/Gatam, Kodim 0421/LS tersebut diantaranya pembangunan fisik dan non fisik berkaitan dengan kepentingan masyarakat di wilayah tersebut. Pembangunan bekerjasama dengan Pemkab Lamsel diantaranya pembangunan jembatan dan jalan yang jika dikalkulasikan bisa menghabiskan dana sebesar Rp1 Milyar namun berkat koordinasi dengan TNI maka dana yang dikeluarkan bisa dihemat sebesar Rp400 Juta.


Kegiatan lain yang dilakukan diantaranya penyuluhan tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui kerjasama dengan SNV (Stiching Nederlandse Vriwiliger), Kodim 0421/LS yang merupakan kesepakatan bersama dalam upaya swasembada Wc/ Toilet/ Jamban dengan sebuah target ribuan rumah di sekitar 260 desa di Lampung Selatan memiliki jamban sehat.

Selain kegiatan fisik TMMD ke-97 tersebut juga dilakukan penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkotika dan obat obatan terlarang bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Lampung Selatan, penyuluhan bahaya paham Radikalisme, Komunisme dan Terorisme. Kegiatan bersifat fisik dan non fisik tersebut diharapkan oleh Kodim 0421/LS bisa dilakukan tak hanya di Kecamatan Jati Agung melainkan bisa dilakukan di kecamatan lain yang ada di Lampung Selatan dan Pesawaran yang merupakan wilayah teritorial Kodim 0421/LS. 

Jurnalis : Henk Widi / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Henk Widi
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: