KAMIS, 13 OKTOBER 2016

SOLO --- Ada pemandangan berbeda di rumah Dinas Bupati Karanganyar, pada Kamis (13/10/16), karena ratusan murid Sekolah Dasar (SD) tampak memadati rumah orang nomor satu di Bumi Intanpari mengikuti Lomba Mata Pelajaran dan Seni Islam (Mapsi) yang digelar Pemkab.


Ketua Penyelenggaran Lomba, Suryanto mengatakan, lomba Mapsi  digelar untuk membidik potensi yang ada di Karanganyar, terutama terkait Mata Pelajara Islam dan Seni Islam. Digelarnya lomba Mapsi juga untuk pengembangan guru-guru yang ada di Karanganyar untuk bisa kreatif dalam memberikan pembelajaran bagi para murid.

“Tujuan lomba Mapsi sebagai sarana bagi murid untuk menggali potensi yang ada. Juara lomba Mapsi tingkat Kabupaten ini akan maju ke tingkat Provinsi mewakili Kabupaten,” ucap Suryanto kepada Cendana News, Kamis (13/10/16).

Peserta lomba, kata Suryanto, 17 SD yang merupakan perwakilan 17 Kecamatan yang ada di Karanganyar.  dengan masing-masing peserta per kelompok atau perwakilan mencapai belasan orang. 

“Sedangkan untuk lomba seni islam ini adalah kesenian rebana yang terbagi dua aspek. Yakni menggunakan alat tradisional hadarah maupunggunakan alat modern. Sudah ada perhitungan sendiri terkait penggunaan alat dalam lomba seni rebana,” uraianya.


Lomba Mapsi yang digelar kali ini melingkuti Tilawah dan hafalan Alqur’an, Pidato, Macopat islami, serta pengetahuan agama Islam. Lomba sendiri dibagi menjadi tiga lokasi berbeda, yakni di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kantor Kelurahan Cangakan, serta Kantor Kelurahan Jongke. 

“Untuk lomba Mapsi tingkat Provinsi agar digelar pada akhir November mendatang. Dengan adanya juara dalam lomba Mapsi tingkat Kabupaten ini, diharapkan pemenangnya dapat mempersiapkan untuk maju ke tingkat Provinsi,” tandasnya.
[Harun Alrosid]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: