SABTU, 1 OKTOBER 2016

YOGYAKARTA --- Memperingati Hari Kopi Internasional, Komunitas Kopi Jogja dan Barista Kopi Lover (BKVR) Yogyakarta menggelar acara kopi gratis bagi masyarakat luas, Sabtu (1/10/2016). Sebanyak 10.000 cangkir kopi asli Indonesia disiapkan oleh pihak panitia untuk dinikmati oleh seluruh pengunjung.


Gelar kopi gratis memperingati hari kopi internasional di Yogyakarta, menjadi bukti semakin besarnya pasar kopi di kota budaya tersebut. Sebanyak 94 stand kopi terdiri dari sejumlah pemilik kedai kopi, roaster atau penyangrai kopi dan barista atau penyaji kopi terlibat dalam gelaran tersebut.

Panitia penyelenggara, Katherina Supit yang akrab disapa Kat Supit, ditemui di sela gelaran acara mengatakan, acara kopi gratis menghadirkan beragam ramuan kopi asli dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Kat menjelaskan, kopi gratis dalam rangka hari kopi internasional kali ini mengambil tema Kopi Bagian Budaya Jogja. Gelar acara ini, menurutnya, merupakan bukti semakin banyaknya masyarakat yang menghargai kopi. Sejak 3 tahun terakhir ini, kata Kat, jumlah penggemar kopi di Yogyakarta meningkat signifikan. Puluhan kedai dengan berbagai ciri khasnya masing-masing hampir bisa ditemui di setiap tempat di Kota Yogyakarta.


Disebutkan, masyarakat semakin menggemari kopi murni tanpa gula yang disajikan langsung dari biji yang digiling lalu diseduh dan disajikan. Hal tersebut berbeda dengan yang terjadi beberapa tahun lalu, ketika penggemar kopi masih menikmatinya dengan gula.

Perubahan minat penggemar kopi asli tanpa gula, lanjut Kat, membuat para pemilik kopi harus pandai-pandai memilih kualitas biji kopi. Karenanya, kecenderungan itu pun kemudian juga berdampak kepada petani kopi, karena banyak pemilik kedai kopi langsung mendampingi para petani agar bisa menghasilkan kopi yang berkualitas.

"Maka dengan acara ini, tentu harapannya kopi Indonesia semakin dicintai masyarakat, dan berdampak pula kepada peningkatan kesejahteraan petaninya," pungkasnya.
[Koko Triarko] 

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: