JUM'AT, 14 OKTOBER 2016

JAKARTA --- Warga masyarakat yang hendak bepergian atau melakukan aktivitas khususnya di seputar kawasan Monumen Nasional (Monas) dan sekitarnya harap mewaspadai dan berhati-hati terkait dengan adanya rencana aksi unjuk rasa dan demontrasi besar-besaran ribuan massa yang mengatasnamakan dirinya Front Pembela Islam (FPI).


Rencananya diperkirakan sekitar 5.000-10.000 an massa FPI akan bergerak dari Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, pada sekitar pukul 13:00 WIB atau sesaat setelah mereka menunaikan sholat Jumat. Dari Masjid Istiqlal mereka rencananya akan berjalan kaki menyusuri jalan-jalan protokol hingga akhirnya akan berhenti di depan Gedung Balai Kota Jakarta.

Berikut ini beberapa titik-titik rute "Long March" yang akan dilalui ribuan massa FPI yang harus diwaspadai warga masyarakat, khususnya bagi para pengguna kendaraan bermotor. Diantaranya mulai dari kawasan Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, Lapangan Banteng, Stasiun Gambir, seputaran kawasan Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kedutaan Besar Amerika Serikat dan Gedung Balai Kota.


Sementara itu, menurut siaran pers dari Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Awi Setiono, Polda Metro Jaya akan mengerahkan sekitar 2.800 personil aparat  kepolsian dari berbagai kesatuan. Selain itu juga akan mendapatkan bantuan pemagamanan atau diback-up secara langsung oleh ratusan personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan ratusan personil dari Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan, Polda Metro Jaya akan mengerahkan kekuatan sekitar 2.800 personil gabungan dari semua unsur kesatuan yang ada, termasuk Polres Metro Jakarta Pusat dan jajaran Polsek-Polsek yang ada dibawahnya, rencananya ribuan massa FPI akan menggelar aksi unjuk rasa dan demontrasi besar-besaran terkait dengan pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tentang Al Qur'an QS Al Maidah" kata Kombes Pol. Awi Setiono, Kabidhumas Polda Metro Jaya dalam siaran persnya, Jumat pagi (14/10/2016)


Pantauan Cendana News langsung dari kawasan Gedung Balai Kota Jakarta atau Kantor Gubernur Privinsi DKI Jakarta, Jalan Medan Selatan, Jakarta Pusat, meskipun aksi unjuk rasa dan demontrasi ribuan massa FPI belum dimulai, namun tampak terlihat beberapa kendaraan Water Canon, Panzer, hingga mobil Pemadam Kebakaran (PMK) sudah disiagakan sejak pagi di halaman Kantor Balai Kota Provinsi DKI Jakarta untuk berjaga-jaga sekaligus mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jurnalis : Eko Sulestyono / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Eko Sulestyono
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: