SENIN, 3 OKTOBER 2016

MAUMERE --- Sebagai perusahaan milik pemerintah provinsi NTT, pabrik semen Kupang saat ini mulai melakukan ekspansi penjualan di pulau Flores. Setelah tahun 2015 memasarkan produknya di Ende, tahun 2016 semen Kupang ingin menjual produknya di Maumere.


Demikian disampaikan Toto Wuryan, Head Marketing Sarana Agra Gemilang yang mengoperasikan perusahaan semen Kupang saat ditemui Cendana News usai dialog interaktif terkait peran pemerintah dalam dunia kewirausahaan, Senin (3/10/2016).

Dikatakan Toto, saat ini pabrik Semen Kupang sudah siap dengan produksi 1.600 sampai 1.800 ton setiap hari, sehingga bisa dilempar ke luar pulau Timor dan akan memperluas pasar di Flores khususnya di Maumere.

“Sebelumnya setahun lalu kami sudah masuk ke Ende untuk menjangkau wilayah barat Flores, kini kami masuk ke Maumere untuk melayani wilayah timur pulau Flores,” ujarnya.

Semen Kupang  beber Toto, merupakan produk lolkal yang bertujuan untuk menjaga kestabilan harga. Saat musim badai dan angin kencang, kapal tidak bisa berlayar sehingga stock semen di pulau Flores sering kosong.

“Kami siap beradu dengan brand lain dan saat pengetasan di B4T Bandung, semen Kupang menempati peringkat teratas secara kualitas. Saya yakin semen Kupang bisa bersaing dengan produk lain,” ungkapnya.


Pasar di Flores sangat menurutnya sangat menjanjikan, apalagi pembangunan di NTT sekarang menjadi prioritas dan semen Kupang juga diminta Presiden untuk mendukung pembangunan di NTT.

Berbagai bangunan seperti bendungan Rakmano, kantor gubernur, Rumah Sakit Siloam Kupang, Pembangunan Bandara El Tari dan proyek besar lainnya di NTT sudah memakai semen Kupang.

“Kendalanya soal listrik, kalau semua mesin kami beroperasi kami butuh daya 9 MW dan kami sebulan bisa bayar listrik 5 sampai 6 miliar rupiah sehingga bisa memberikan pendapatan bagi daerah,” terangnya.

Terkait bahan baku, Toto menjelaskan, pihaknya memiliki tambang batu kapur sendiri di Timor sementara Gipsum diimpor dari Thailand dan batu bara dari Kalimantan. Dirinya yakin harga jual semen Kupang bisa bersaing dengan produk lainnya dari luar.

“Kami sedang mencari distributor di Maumere agar bisa memasarkan produk kami di Flores bagian timur. Untuk itu kami mengajak pengusaha lokal untuk bisa bekerja sama menggarap peluang usaha ini,” pungkasnya.
[Ebed De Rosary]

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: