SABTU, 8 OKTOBER 2016

CIMAHI --- Buruknya drainase atau saluran pembuangan air di beberapa titik di Kota Cimahi sering mengakibatkan banjir. Ini lantaran saluran itu tidak berfungsi dengan baik.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Cimahi, Ahmad Nuryana mengatakan, sejauh ini pihaknya terus berupaya untuk menanggulangi masalah tersebut, mulai dari pengerukan, hingga pelebaran sejumlah dranaise yang ada di Kota Cimahi.

”Beberapa ruas jalan di Cimahi sekarang sedang dilakukan pelebaran dan perbaikan agar bisa menampung air hujan, tujuannya supaya tidak menyebabkan banjir di jalan raya,” jelasnya.

Selain buruknya saluran pembuangan air,  banyaknya pembangunan dibeberapa titik di Kota Cimahi menjadi penyebab menyempetinya drainase. Ini seperti yang terjadi di kawasan Jalan Kecamatan, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara.

”Di sekitar Jati, masih saja terjadi genangan kalau hujan turun, ini disebabkan karena menyempitnya saluran pembuangan yang ada,” katanya.

Sementara terkait banjir yang sering terjadi di kawasan Jalan Amir Machmud tepatnya depan RSUD Cibabat, ia mengatakan bahwa itu bukan hanya tanggung jawab Pemerintah Kota, melainkan ada pula kewenangan Pemerintah Pusat dan Provinsi lantaran termasuk jalan nasional.

"Untuk perbaikan tentunya harus dikoordinasikan juga dengan Pemerintah Pusat karena ini masuk jalan nasional. Tapi untuk antisipasi Dinas PU Cimahi tidak tinggal diam, kira tetap melakukan perbaikan agar bisa mengantisipasi kemungkinan banjir lagi," tuturnya.

Sementara salah seorang warga Jalan Kecamatan, Rika mengatakan, jika musim penghujan tiba, kawasan itu sering tergenang air. Bahkan drainase kerap tak bisa menampung besaran air.

”Buntutnya, air melimpah di jalan raya, meskipun hujannya tak terlalu deras,” ujarnya. 

Jurnalis : Rianto Nudiansyah / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Rianto Nudiansyah
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: