SELASA, 4 OKTOBER 2016

MANADO --- Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) Selasa (4/10/2016) sore bakal dibanjiri ribuan orang muda katolik (OMK) yang berasal dari 37 Keuskupan dari seluruh Indonesia, untuk mengikuti ibadat pembukaan Indonesian Youth Day (IYD) yang di pusatkan di stadion Klabat Manado pada pukul 15.30 Wita.


Ketua Panitia IYD Manado Pastor John Montolalu kepada Cendana News mengatakan, meminta maaf kepada masyarakat Sulut terutama yang berada di sekitar lokasi kegiatan karena akan mengalami kemacetan ketika rombongan OMK yang telah menginap di rumah penduduk di Kabupaten kota di Sulut akan turun ke Manado, untuk mengikuti ibadat pembukaan di stadion Klabat. Montolalu menegaskan ada sekitar 2000 lebih OMK akan mengadakan jalan bersama (Defile) dari lapangan Koni menuju stadion Klabat sehingga bakal terjadi kemacetan di beberapa titik.

"Kami telah melakukan pertemuan dengan pihak Kepolisian setempat untuk pengaturan rute yang akan di lalui OMK untuk mengikuti ibadat IYD, agar masyarakat yang berada di sekitar lokasi bisa beraktivitas dengan baik tanpa harus terganggu saat proses Defile dan Ibadat berlangsung yang turut dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, bersama Duta Vatikan untuk Indonesia Mgr. Antonio Guido Filipazzi dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey", tegasnya.

Sementara itu Monsiyur Joseph Suwatan selaku Uskup Manado mengatakan, masyarakat di Sulut menerima dan menyambut hangat kedatangan para OMK dari seluruh penjuru Indonesia yang telah berada di Manado, kegiatan ini punya tujuan penting yaitu mengajak OMK untuk semakin menginternalisasi semangat saling menghargai, toleransi dan kesadaran untuk membangun persaudaraan dalam lingkungan sosial yang inklusif.

"Awalnya IYD mau digabungkan dengan Asian Youth Day tetapi batal karena IYD memiliki tujuan sendiri, yang sesuai dengan arahan apostolik Evangelii Gaundium dari Paus Fransiskus", Kata Monsinyur Joseph Suwatan. (Ishak Kusrant)

Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: