KAMIS, 13 OKTOBER 2016

BALIKPAPAN---Untuk merealisasikan swasembada beras tahun 2018 mendatang, Balikpapan hingga kini sudah membuka lahan baru untuk sawah seluas 54 Hektar. Realisasi itu melebihi dari target tahun 2016 yang diharapkan mencapai 52 hektar.

Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Balikpapan Yosmianto menjelaskan sejak April-Desember mampu membuka lahan pertanian baru seluas  sudah mencapai 54 hektar.

"Pada musim tanam pertama sudah dilaksanakan dan lahan pertaniannya sudah mencapai target, tiga bulan lagi baru panen. Ada sebagian panen 1-2 hektar," katanya Kamis, (13/10/2016).

Pihaknya belum dapat menyebutkan kapasitas produksi panen belum diketahui dari 1-2 hektar tersebut.

Rencananya pada musim tanam kedua bulan Oktober 2016 - Maret 2017 akan melanjutkan 100 hektar sawah baru.

"Periode musim tanam kedua kita belum dikasih target baru yang pertama itu 52 hektar untuk tanaman padi," beber pria yang akrab disapa Yos.



Adapun lokasi pertanian untuk padi berada di Kelurahan Karang Joang dan Teritip, selebihnya lahan perkotaan yang sulit untuk dilakukan pembukaan lahan pertanian.

Yosmianto menambahkan saat ini petani melakukan penanaman swadaya sendiri karena bantuan bibit kepada petani berkurang akibat pemangkasan anggaran.

Jurnalis : Ferry Cahyanti / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Ferry Cahyanti
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: