SENIN, 17 OKTOBER 2016

LAMPUNG --- Perluasan bandara Raden Inten II Lampung Selatan di Kecamatan Natar ditargetkan selesai pada akhir tahun 2016 ini. Menurit Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Idrus Effendi, perluasan bandara yang ada di Lampung tersebut optimis bisa cepat diselesaikan selama jangka waktu tiga bulan ke depan sebelum tahun 2017. Ia optimis penambahan landasan pacu (runway) yang semula 2.500 meter menjadi 3.000 meter akan memperlancar aktifitas penerbangan yang menggunakan bandara tersebut.


Ia mengungkapkan pengerjaan fisik landasan pacu tersebut telah memasuki tahap penyelesaian dan bertambah panjang dari sebelumnya. Penambahan landasan pacu sepanjang 500 meter tersebut diharapkan dikerjakan selesai sekitar bulan November atau bulan Desember tahun ini memasuki tahap finishing.

"Target penyelesaian di akhir tahun 2016 ini agar pada tahun 2017 bisa diresmikan sehingga pada bulan Januari 2017 bisa diresmikan sehingga pesawat berbadan lebar bisa mendarat,"ungkap Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Idrus Effendi, Senin (17/10/2016).


Penambahan fasilitas landasan pacu tersebut dimungkinkan untuk membuka tiga jalur penerbangan internasional diantaranya Singapura, Arab Saudi dan Malaysia dengan pertimbangan banyak konsumen yang akan melakukan penerbangan langsung dari dan ke negara tersebut. Pertimbangan lain diantaranya adanya sekitar 10 ribu masyarakat Lampung yang melakukan ibadah umrah setiap tahun sehingga bisa menggunakan bandara Raden Inten II tanpa harus ke Jakarta.

Selain ibadah umrah, target ke depan yang ingin dicapai dengan pembangunan bandara Raden Inten II diantaranya rencana penggunaan Bandara Raden Inten II menjadi embarkasi haji pada tahun 2017 mendatang. Selain penambahan fasilitas landasan pacu penambahan fasilitas bandara tersebut diantaranya pembuatan bangunan VVIP meskipun belum direalisasikan dengan pembongkaran dan pembuatan bangunan baru akibat terkendala anggaran.


Pengembangan bandara Raden Inten II sebelumnya berdasarkan pantauan Cendana News sudah pernah diusulkan oleh Titiek Hediati Hariyadi selaku wakil ketua komisi IV DPR RI saat melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung. Kepada Gubernur Lampung, M.Ridho Ficardo, Titiek Hediati atau Titiek Soeharto dalam pertemuan di ruang VVIP Bandara Raden Inten II kala itu berharap pemerintah Provinsi Lampung bisa mengupayakan perluasan bandara untuk kemajuan provinsi yang ada di ujung Sumatera tersebut.

"Transportasi udara saat ini sangat diminati karena lebih cepat dan selisih biaya dengan transportasi darat pun cukup tipis, namun perlu adanya dukungan infrastruktur diantaranya bandara yang memadai agar bisa didarati pesawat berbadan besar,"ungkap Titiek Soeharto.


Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo mengungkapkan berbagai rencana telah dilakukan diantaranya menambah landasan pacu serta pembangunan fasilitas lain. Upaya menambah pelayanan bagi masyarakat yang akan menggunakan layanan pesawat udara tersebut perlahan lahan mulai menunjukkan titik terang dengan penambahan landasan pacu dari 2.500 meter menjadi 3.000 meter.

Jurnalis : Henk Widi / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Henk Widi
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: