SENIN, 17 OKTOBER 2016

KENDARI --- Ketua UKM GAN Universitas Halu Oleo, Sahir Barakati mengatakan penggunaan narkoba saat ini sudah merasuki generasi muda. Pengguna narkoba di Provinsi Sulawesi Tenggara mencapai 26.357 jiwa, sebanyak 66 persen atau 17.402 jiwa mereka yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa.


"Sisanya 34 persen atau sebanyak 8.965 orang dari kalangan Pegawan Negri Sipil, aparat hukum, wiraswasta maupun ibu rumah tangga," tuturnya kepada media di Kendari, Senin (17/10/2016).

Dari sekian jumlah pengguna narkoba tersebut, Kota Kendari merupakan penyumbang angka terbesar di antara 17 Kabupaten/Kota di Sultra.

"Ini berdasarkan data hasil penelitian Badan Narkotika Nasional Sulawesi Tenggara," tuturnya.

Memperhatikan hal tersebut, Unit Kegiatan Mahasiswa Gerakan Anti Narkoba Universitas Halu Oleo (UKM GAN UHO) mencoba menginisiasi sebuah kegiatan yang melibatkan mahasiswa dan siswa siswi se-Kota Kendari.

"Bentuk kegiatannya nanti semacam seminar, lomba karya tulis ilmiah dengan tema Upaya Pemuda Sebagai Garda Terdepan Dalam Menanggulangi Bahaya Penyalagunaan Narkoba,"sebutya.

Disebutkan, kegiatanya akan dilaksanakan tanggal 31 Oktober 2016 dengan pendaftaran lomba karya tulis ilmiah melalui online, untuk pengumuman juara pada tanggal 19 November 2016 sekaligus dirangkaikan dengan seminar tentang bahaya narkoba. Bahkan, dalam rangkaian kegiatanya pihaknya akan melakukan deklarasi anti narkoba dan tes urine bagi seluruh peserta dan undangan.

Sahir berharap, kegiatan tersebut mendapat dukungan dari pihak Rektorat, baik fasilitas hingga menyukseskan kegiatan, mengigat tanggung jawab dalam rangka mendidik dan menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkoba bukan hanya tanggung jawab dan peran UKM GAN semata, tetapi juga menjadi tanggung jawab Universitas Halu Oleo sebagai institusi pendidikan.

Selain itu, pihaknya juga akan bekerjasama dengan BNN Sulawesi Tenggara dan Polda Sultra dalam rangka menyukseskan kegiatan.


"Adapun suptansi dari kegiatan ini adalah mengajak seluruh generasi muda Kota Kendari untuk menelurkan idenya terkait apa dan bagimana peran pelajar dalam melawan peredaran narkoba serta berbahayanya narkoba bagi generasi muda dalam bentuk karya tulis ilmiah," tuturnya.

Jurnalis : Siddiq Muharam / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Istimewa

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: