SENIN, 17 OKTOBER 2016

BALIKPAPAN --- Kehadiran tenant-tenant baru di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) Balikpapan dipastikan akan meningkatkan jumlah kunjungan, menyusul konsep yang diterapkan pengelola Angkasa Pura I yakni konsep Boutique mall.


Kepala Departemen Pemasaran AP I Sepinggan Yoca Dwata menjelaskan untuk luasan komersil pada bandara baru mengalami perubahan total berdiri sejak 2014 lalu, yakni untuk lantai I  sekitar 8 persen, lantai II yakni14 persen, lantai III sebesar 16 persen dan lantai 4 adalah 46 persen. Lantai  III merupakan kedatangan , area cek ini untuk penumpang berangkat seluruh maskpai yang ada, dan area komersil.

"Area komersil ini tentunya juga salah satu upaya bandara meningkatkab pendapatan yakni dengan menghadirkan tenant, yang tentu saja menarik pengunjung untuk datang," ucapnya Senin, (17/10/2016).

Yoca mengaku, benefit yang diperoleh tenant dengan mengisi di Boutiqe mall ini tentu saja pasar di bandara ini tetap tapi cenderung meningkat. Berbeda dengan  mal dengan kondisi seperti ini pasar cendeung mengalami penurunan.


"Dari catatan tahun 2006 sampai 2015 terakhir trend kenaikan penumpang 6 %. Berbanding terbalik dengan laju pertumbuhan nasional atau Kaltim itu turun tapi penumpang tetap naik. Sebetulnya daya belinya ada cuma apa nih yang kita sampaikan atau apa yang perlu disediakan kepada para penumpang . itu lah yang harus kita lakukan," serunya.

Dia menyebutkan rata-rata penumpang di Bandara Sepinggan berangkat 8.600 orang, begitupula dengan yang datang sehingga perharinya penumpang mencapai 15 ribu jiwa. "Belum lagi komunitas  sekitar 30 persen dari 15 ribu itu, lalu penumpang dan pengantar. Dengan adanya tenant Matahari di Bandara ini traffic orang di bandara semakin tinggi.  Itu membantu juga daya beli para mitra kita yang existing Itu," sambungnya.

Yoca menambahkan banyak tenang besar yang akan hadir di Bandara hingga 2017 mendatang akan masuk Group Sarinah, sehingga ini menjadi daya tarik jumlah kunjungan ke Bandara. 

Jurnalis : Ferry Cahyanti / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Ferry Cahyanti
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: