SABTU, 15 OKTOBER 2016

SOLO --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi memberikan penghargaan terhadap 113 Bupati, Walikota dan Gubernur di Indonesia. Penghargaan Kawastara Pawitra program dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah  (LPPKS)  itu sebagai anugrah karena konsen terhadap peningkatan mutu pendidikan di  daerah masing-masing.


“Mereka yang diberi penghargaan ini merupakan kepala daerah dan gubernur yang memang memikirkan dunia pendidikan yang lebih dibanding yang lainnya. Kita akan tingkatkan agar kepala sekolah juga mempunyai kompetensi yang baik,” ucap Mendikbud disela-sela pemberian penghargaan yang digelar di Novotel Hotel Solo, Sabtu (15/10/2016).

Program peningkatakan kompetensi kepala sekolah melalui LPPKS di Indonesia saat ini sudah mencapai 70 persen. Sebagai lembaga yang telah teruji, Mendikbud menilai langkah LPPKS harus ditingkatkan guna memperbaiki mutu pendidikan Indonesia. 

“Untuk yang 30 persen akan kita optimalkan, yakni dengan menggunakan Intruksi Menteri,” tekannya.

Menurutnya, daerah maupun kota yang belum melakukan kerjasa dengan LPPKS akan ditekankan agar melakukan pengembangan. Hal itu tak lain untuk mengimplementasikan nawacita Presiden di dunia pendidikan. Yakni menciptakan pendidikan berkarakter. 

“Yang namanya kepala sekolah harus mempunyai kompetensi lebih. Oleh karena itu, untuk daerah yang belum kerjasama dengan LPPKS akan kita tekankan agar melakukan kerja sama, yakni dengan Intruksi Menteri,” tandasnya.

Selain menggunakan LPPKS, Mendikbud juga akan melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi untuk menekankan pentingnya peningkatan kualitas kepala sekolah. Oleh karena itu, Mendikbud berencana kepala sekolah tidak terlalu sering diganti guna program percepatan peningkatan mutu pendidikan cepat berjalan. 

“Nanti kita akan kerjasama dengan pihak yang di daerah maupun provinsi agar kepala sekolah tidak diganti-ganti,” tandasnya.


Sementara itu, Gubernur Jambi, Zumi Zola yang juga mendapat penghargaan mengatakan, Kawastara Pawitra dapat dijadikan semangat untuk meningkatkan pendidikan di Jambi. Dengan adanya penghargaan ini, akan diikuti dengan pemberian anggaran yang cukup untuk dunia pendidikan. 

“Termasuk peningkatan sekolah secara fisik serta gurunya agar mutu dan kesejahteraan guru juga dapat ditingkatkan,” imbuhnya. 
[Harun Alrosid]

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: