SABTU, 8 OKTOBER 2016

LAMPUNG --- Peningkatan produktifitas petani padi sawah di wilayah Desa Neglasari Kecamatan Ketibung Kabupaten Lampung Selatan dilakukan oleh Kementerian Pertanian dengan memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan). Bantuan tersebut bagian dari program upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan dalam pertanian padi sawah. Demikian diungkapkan Kapten Norizwan Tamin yang juga sekaligus komandan Koramil 421/10 Ketibung yang ikut serta melakukan penyerahan bantuan alat dan mesin pertanian bagi para anggota kelompok tani di wilayah tersebut.


Kapten Norizwan Tamin menungkapkan, pemberian bantuan Alsintan juga bagian dari pendampingan terhadap petani dalam upaya penyerapan gabah (sergab) yang menjadi target Kementerian Pertanian, Bulog berkoordinasi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) hingga tingkat bintara pembina desa. Penyerahan alat dan mesin pertanian tersebut menjadi momen bagi petani untuk meningkatkan produktifitas dengan lebih cepat mengerjakan lahan pertanian yang selama ini masih menggunakan cara cara konvensional diantaranya sistem pengolahan tanah dengan bajak dari hewan sapi atau cangkul.

“Kami terus lakukan pendampingan kepada petani mulai dari proses pengolahan lahan pertanian dan pemilihan bibit serta paska panen yang diperuntukkan bagi upaya penyerapan gabah,”ungkap Kapten Norizwan Tamin kepada Cendana News, Sabtu (8/10/2016)

Selama ini menurut Kapten Norizwan Tamin, wilayah cakupan Koramil 10/Katibung terdiri dari beberapa kelompok tani yang terus dibina baik dalam upaya pengorganisasian kelompok serta penggunaan alat alat pertanian. Keaktifan kelompok tani di wilayah Kecamatan Katibung diantaranya dengan pengembangan bibit padi varietas unggul sehingga petani di wilayah tersebut memang layak memperoleh bantuan alat dan mesin pertanian.


Bantuan alsintan dari Kementerian Pertanian tersebut diserahkan langsung kepada sejumlah kelompok tani oleh anggota DPR RI asal Provinsi Lampung,Sudin,yang merupakan legislator dari komisi IV/Fraksi PDIP. Sudin yang gencar mengupayakan bantuan bagi para petani di Lampung mengaku bantuan tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah untuk upaya produktifitas pertanian khususnya padi. Ia berharap petani yang menerima alsintan bisa mempergunakan untuk pengolahan lahan pertanian sehingga lebih cepat,efesien dan melakukan proses tanam dengan serempak.

“Para petani yang menerima alsintan merupakan petani yang selama ini menjadi teladan dalam upaya peningkatan produksi padi khususnya di Ketibung agar bisa menjadi sentra produksi padi,”terang Sudin.

Sudin juga berharap alat yang diberikan secara cuma cuma tersebut bisa dirawat penggunaannya untuk kepentingan kelompok. Pengelolaan yang baik akan alat dan mesin pertanian merupakan salah satu penilaian dari Kementan untuk memberikan bantuan bantuan lain diantaranya bibit serta bantuan berhubungan dengan upaya peningkatan sektor pertanian.

Berdasarkan data beberapa alat dan mesin pertanian yang dibagikan kepada para kelompok tani di Desa Neglasari Kecamatan Ketibung diantaranya:

  • 12 Unit Hand Tractor
  • 2 Unit Tractor Mobil
  • 8 Unit water pump / Alcon

Selain bantuan alsintan tersebut ungkap Sudin, ke depan Kementerian Pertanian RI juga akan memberikan bantuan kepada peternak diantaranya bantuan bibit ternak sapi, pembuatan kandang, mesin pembuat pupuk kompos, alat pengering padi atau oven. Meski belum dipastikan kapan bantuan tersebut diberikan namun ia meminta agar kelompok tani bisa mengajukan proposal ke kepala unit pelaksana tekhnis (KUPT) Dinas Pertanian di kecamatan.
[Henk Widi]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: