SELSA, 18 OKTOBER 2016

JAKARTA --- Mufakat positif antara Komisi IV DPR RI dengan KKP RI (Kementerian Kelautan dan Perikanan RI) mengenai pengalihfungsian 1.500 tenaga PPB (Penyuluh Perikanan Bantu) menjadi tenaga enumerator KKP RI disambut gembira oleh PPB se-Indonesia atau disebut juga FKPPBI (Forum Komunikasi Penyuluh Perikanan Bantu Indonesia) yang diwakili oleh FKPPB Provinsi Banten. 


"Hasil ini sangat positif sehingga kami merasa harus segera kembali sekaligus menyampaikan hasil tersebut kepada rekan-rekan PPB lainnya di seluruh indonesia," terang Yan Yan Yanuar, Ketua FKPPB Provinsi Banten kepada Cendana News di tribun ruang rapat Komisi IV DPR RI, Senayan, Jakarta.

Isu pemangkasan sejumlah 1.500 orang tenaga PPB sebagai imbas langsung dari pemangkasan anggaran di KKP RI sebelumnya sangat meresahkan sebanyak 2.500 orang tenaga PPB dari seluruh indonesia. Rasa solidaritas yang kuat akhirnya membawa Yanuar bersama sembilan orang rekan-rekannya untuk mewakili suara 2.500 orang tenaga PPB.

Selepas Raker antara Komisi IV DPR RI dengan KKP RI, maka Cendana News coba memfasilitasi Yanuar dan kawan-kawan untuk menemui salah satu wakil rakyat dari Komisi IV DPR RI yaitu Siti Hediati Soeharto, SE atau akrab disapa Titiek Soeharto.

Ketika ditemui oleh rombongan perwakilan FKPPB di lobi Gedung Nusantara, Titiek Soeharto memberikan sebuah pernyataan hangat bagi mereka bahwa Komisi IV akan terus mengawal hasil Raker terkait nasib  para tenaga PPB.

"Hasil Raker untuk tenaga PPB memang positif dan sudah final akan tetapi perlu terus dikawal agar tidak terjadi sesuatu apapun dikemudian hari. Jangan ragu atau sungkan datang kepada kami jika memang kalian menemukan kejanggalan di lapangan terkait keputusan Raker tentang nasib kalian ya" terang Titiek Soeharto kepada para perwakilan FKPPB.


Ada satu hal menarik dan entah suatu kebetulan atau takdir yang membawa mereka menemui Titiek Soeharto, ternyata rata-rata perwakilan PPB yang datang ke gedung parlemen demi menyuarakan keresahan rekan-rekannya dari seluruh Indonesia adalah para penerima beasiswa Supersemar dalam menyelesaikan pendidikan akademiknya.

Titiek Soeharto tampak gembira serta semakin hangat menyambut mereka sekaligus terus memberikan suntikan motivasi kepada mereka bahwa tidak ada yang tidak mungkin terjadi jika memang apa yang diperjuangkan tulus adanya dan tentunya rakyat (para tenaga PPB khususnya) bersama wakil rakyat (Komisi IV DPR RI) harus terus mengawal keputusan mengalihfungsikan 1.500 tenaga PPB menjadi enumerator.

Pertemuan spesial ini diakhiri dengan foto bersama antara para perwakilan FKPPB dari Provinsi B anten dengan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Titiek Soeharto.

Para tenaga PPB KKP saat ini rata-rata sudah mengabdi kepada rakyat dan negara selama kurang lebih selama 12 tahun sejak tahun 2004 hingga 2016. Dan kedepannya mereka semua berharap tetap bisa meneruskan pengabdian sekaligus karier kerja mereka bersama KKP untuk sepenuh-penuhnya mencapai salah satu tujuan nasional saat ini yakni kedaulatan pangan dari hasil laut khususnya perikanan.

"Terima kasih, kami bisa pulang dengan tenang sekarang," ucap Yan Yan Yanuar ketua rombongan sekaligus Ketua FKPPB Provinsi Banten kepada Titiek Soeharto berpamitan.

Jurnalis : Miechell Koagouw / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Miechell Koagouw
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: