KAMIS, 13 OKTOBER 2016

BALIKPAPAN --- Sejumlah pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Balikpapan diharapkan bisa meneruskan usahanya hingga anak cucunya, mengingat UKM merupakan sektor usaha yang mampu bertahan di tengah kondisi krisis. Hal itu disampaikan Ketua Penggerak PKK Balikpapan, Arita Rizal Effendi dalam acara Gebyar UKM di aula rumah jabatan Walikota Balikpapan, Kamis (13/10).


Menurutnya, inilah momentum UKM untuk bangkit dimana kondisi ekonomi daerah yang diketahui Kaltim mengandalkan sumber daya alam, ditambah defisit yang terjadi pada APBD kota.

"UKM yang sudah eksis bisa dikembangkan dengan memperluas jaringan dan memperbaiki kemasan, menggali ide-ide baru," ungkapnya saat membuka acara Gebyar UKM yang diselenggarakan Markplus, Kamis (13/10/2016).

Ia juga mengharapkan, pelaku usaha juga bisa meneruskan atau menurunkan usahanya ke anak cucunya, dan tidak putus pada orangtuanya saja. 

"Seperti daerah Padang, Yogya, Solo dimana pelaku usahanya itu bisa diturunkan ke anak dan cucunya setelah anak dan cucunya selesai mengembang pendidikan. Balikpapan juga harus bisa, semoga UKM ini bisa menjadi profesi yang bisa kita turunkan pada anak cucu," harap Arita.


Sementara itu, pada Gebyar UKM yang diselenggarakan Markplus, sejumlah produk UKM lokal Balikpapan dipamerkan, mulau dari kerajinan tangan batik, tas hingga makanan dan minuman. Tak hanya itu, Gebyar UKM ini juga dirangkai dengan seminar dengan tema membangun kewirausahaan lokal.
[Ferry Cahyanti]

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: