JUMAT, 14 OKTOBER 2016

KENDARI --- Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang lebih berkualitas pihak Universitas Lakidende (Unilaki) menjalin kerjasama dengan Korea Selatan (Korsel) di bidang argo industri yakni pengembangan pertanian berbasis green house.


Hal ini diungkapkan Rektor Unilaki, Prof.  La Ode Kamaluddin Masihu Disebutkan, saat ini pihaknya sedang melakukan pengembangan keilmuan di bidang agro industri dan melibatkan salah satu negara asia yang memiliki tekonologi tinggi yakni Korea Selatan.

Tidak hanya lingkup akademik saja, tetapi juga pihak Unilaki melibatkan beberapa daerah yang ada di Sultra sebagai fasiltator, diantaranya adalah Kabupaten Konawe, Konawe Utara (Konut), Konawe Selatan (Konsel) dan Kolaka Timur.

“Kerjasama ini tidak hanya antara kampus kami dan Korsel, tetapi juga melibatkan beberapa daerah yang bisa dikembangkan green house ini,” ungkapnya ketika ditemui di Kantor Gubernur Sultra , Jum’at (14/10/2016).

Ia juga mencoba memaparkan, kerjasama ini bertujuan untuk melibatkan mahasiswa dalam mengembangkan green house di Sultra, terutama empat daerah dan paling khusus di Unilaki, sehingga mereka bisa memperdalam keilmuan mengenai agro industri.

Adapun prorgam yang akan dikembangkan pada green house, pihak Unilaki terlebih dahulu mengembangkan 4 jenis saja diantaranya adalah sapi. padi sawah, cabai dan tomat.

Korsel juga memberikan bantuan 3 unit green house kepada pihak Unilaki dan untuk peletakan batu pertamanya akan dihadiri oleh Park Sun Kyu selaku Walikota Yeongwol Korsel.

“Selain meletakan batu pertama pembangunan green house ini, Park Sun Kyu Walikota Yeongwol Korsel akan memberikan materi pada wisuda di Unilaki mendatang,” terangnya.

“Sekarang dari Korsel yang datang, waktu bulan Juni lalu kita yang Studi Banding disana degan beberapa pejabat dari Sultra selama 5 hari, ” tutup mantan Rektor Unissula Semarang ini.
[Rahmat Rullah]

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: