RABU, 5 OKTOBER 2016

SUMENEP --- Dalam rangka mewujudkan impian masyarakat membuat Universitas Wiraraja, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, selaku pusat studi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di Pulau Garam ini mulai melakukan langkah-langkah konkrit. Salah satunya dengan menyelenggarakan Seminar Nasional dan Call For Paper dengan tema ‘Lanskap Demografi Indonesia Dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)’ pada hari Rabu (5/10/2016).


Dengan menjadi pusat studi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) bukanlah hal yang mudah, tetapi banyak tanggungjawab yang harus dilakukan untuk masyarakat agar dapat berjalan baik sesuai dengan harapan. Sehingga dengan kegiatan seminar nasional tersebut akan menjadi langkah awal untuk menjalankan tanggungjawabnya sebagai pusat studi, agar kedepan masyarakat dapat memahami betul tentang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Jadi kita berusaha mewujudkan harapan dari masyarakat, tentunya diawali dengan kegiatan ini yang mengumpulkan riset-riset tentang ASEAN. Setelah ini nantinya akan melakukan rapat kordinasi dengan para ketua pusat studi ASEAN untuk membahas bagaimana tahun depan yang harus dilakukan,” kata Alwiyah, Rektor Universitas Wiraraja, Kabupaten Sumenep, Rabu (5/10/2016).


Disebutkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan disini, itupun dihadiri oleh dua puluh dari berbagai perwakilan pusat studi Asean. Dalam kegiatan ini nantinya akan mengumpulkan berbagai riset para dosen mengenai ASEAN, bahkan itu sudah mendapat apresiasi dari perwakilan universitas yang juga menjadi pusat studi Asean.

“Hari ini kami juga akan membicarakan dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) bagaimana pusat studi Asean ini setiap tahun ada agenda rutin mengumpulkan riset-riset dosen mengenai ASEAN. Selain itu kami akan berbicara dengan Negara Asean lain,” jelasnya.


Dalam acara seminar nasional tersebut dihadiri oleh berbagai perwakilan pusat Studi Asean dari berbagai daerah, selain itu juga hadir Direktur Kerja Sama Fungsional ASEAN, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, J.S. George Lantu yang menjadi pemateri. Maka kegiatan itu diharapkan nanntinya menjadi awal untuk memenuhi berbagai harapan masyarakat di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). 

Jurnalis : M.Fahrul / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : M. Fahrul
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: