MINGGU, 9 OKTOBER 2016

MAUMERE --- Para waria atau kalangan trans gender sudah banyak berpartisipasi dalam emndukung penyelenggaraan pembangunan di provinsi NTT khususnya di kabupaten Sikka. bentuk dukungannya diwujudkan dengan terus menerus mempromsoiakn seni budaya daerah.


Demikian disampaikan Bupati Sikka, Drs.Yoseph Ansar Rera dalam  kegiatan penutupan Festival Seni Budaya dan Olahraga Antar Waria se Daratan Flores dan Lembata Tahun 2016  di Panggung Pusat Jajanan dan Cenderamata Jl. Anggrek Maumere, Sabtu (8/10/2016) malam.

“Mereka ikut mempromosikan daerah dengan  mengikuti berbagai ajang kompetisi waria di luar daerah serta ikut dan terlibat bersama Komisi Penanggulangan AIDS menyelenggarakan sosialisasi bahaya HIV dan AIDS kepada masyarakat,” jelasnya.

Anzar memberikan apresiasi dan terima kasih kepada waria di Flores dan Lembata dimana dengan penyeleggaraan ajang ini diharapkan dapat mempererat persaudaraan diantara waria dan saling belajar satu sama lain.

Ketua Panitia penyelenggara,Rieby Keisha dalam laporannya mengatakan bahwa ada 29 kontestan pemilihan Ratu Waria sedaratan Flores dan Lembata. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pola pikir waria agar lebih kreatif dan produktif serta untuk menjalin persaudaraan antar waria se daratan Flores dan Lembata.


"Kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun pikiran positif dari masyarakat terhadap Waria. Kami juga siap mendukung pembangunan di NTT, khususnya di Flores dan Lembata," demikian Keisha.

Di akhir kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 4 Oktober, dilaksanakan pemilihan Ratu Waria se daratan Flores dan Lembata tahun 2016 yang diselenggarakan Persatuan Waria Kabupaten Sikka (Perwakas).

Yunarti asal Bajawa terpilih sebagai Ratu Waria se Daratan Flores dan Lembata Tahun 2016. Runner up jatuh kepada Mefi Eken dari Lembata sedangkan juara III diraih Echa dari Flores Timur. Sedangkan juara IV digengganm Nania dari Flores Timur,j uara V diraih Madem Gloria dari Sikka dan Juara VI direbut Titania dari Manggarai.

Yunarti saat dikonfirmasi media mengaku bangga dan bahagia serta menyatakan siap untuk menyelenggarakan pemilihan Ratu Waria Tahun 2017 di Bajawa,kabupaten Ngada.Yunarti mengaku sangat bahagia dan tidak menyangka bisa terpilih. Mahkota Ratu Waria diserahkan Riebby Keisha selaku Ratu Waria  2013.

Hadir sebagai juri,Yuyun dari KPA Maumere, Karren Samanta mewakili Waria NTT dan Sherly Irawaty mewakili para sponsor kegiatan ini.Acara dipandu MC Lucky Reiner dan Ino Sengkang. Serta dimeriahkan Sanggar Tari RSUD dr TC Hillers Maumere yang membawakan tarian Hegong Kreasi.

Untuk ajang olahraga bola volley antar waria sedaratan Flores dan Lembata, juara 1 diraih perwakilan dari Manggarai, Juara 2 Manggarai Barat, Juara 3 diraih Sikka Regu A serta juara 4 diraih tim kabupaten Sikka regu B.

Hadir pada kesempatan inj, Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sikka Irma Tibuludji Ansar Rera, perwakilan Forkopimda Sikka, Persatuan Waria Propinsi NTT di Kupang serta undangan lainnya.

Jurnalis : Ebed De Rosary / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Ebed De Rosary






Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: