SENIN 31 OKTOBER 2016

BALIKPAPAN --- Untuk menyajikan makanan sehat bagi siswa dan berbasis digital yang ada disekolah-sekolah kota Balikpapan, Dinas Pendidikan Balikpapan bekerjasama dengan Forum Alumni HMI Wati (Forhati). Rencananya Diknas akan menerapkan kantin sekolah berbasis digital, yang akan diterapkan pada  November mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Balikpapan Muhaimin

                 


Kepala Dinas Pendidikan Balikpapan, Muhaimin menjelaskan, sekolah digital adalah perwujudan e-kantin di sekolah salah-satunya. Rencananya, sekolah digital di Balikpapan akan di-launching pada November 2016.

"Tentunya mengenai kepentingan makanan siswa yang tersaji di sekolah-sekolah. Bagaimana siswa itu mendapatkan makanan yang sehat, bersih dan bergizi di sekolah," ungkapnya, Senin (31/10/2016).

Menurutnya, ketika siswa memesan makanan di kantin sekolah (e-kantin), maka dipastikan makanan tersebut layak dikonsumsi. Dengan sosialisasi tersebut, ke depannya bagaimana mekanisme untuk mewujudkan e-kantin di sekolah seluruh Balikpapan.

"Program e-kantin ini sejalan dengan program pemkot menuju smart city," sambungnya.

Terkait bekerjasama dengan Forhati, Muhaimin mengatakan Forhati punya program menuju sekolah yang berbasis digital. Salah satunya adalah terkait penyediaan kantin elektronik (e-kantin) yang ada di sekolah-sekolah.

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, pihaknya juga akan mengembangkan sekolah yang berbasis on-line (e-learning). Di mana e-learning dapat dipahami sebagai suatu proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi berupa komputer yang dilengkapi dengan sarana telekomunikasi (internet) dan multimedia (grafis, video, dan audio) sebagai media utama dalam penyampaian materi dan berinteraksi antara pengajar dan pembelajar.

Sementara itu, salah satu siswa kelas 11 sekolah di Balikpapan Iva mengatakan sangat mendukung kantin Berbasis Digital dan kantin sehat. Karena untuk menjaga makanan yang diperoleh sehat.

"Senang banget semua sudah berbasis digital, apalagi makanan yang disediakan makanan sehat," kata Iva ceriah.

Jurnalis : Ferry Cahyanti/Editor Irvan Sjafari/Foto: Ferry Cahyanti
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: