SELASA, 1 NOVEMBER 2016

YOGYAKARTA --- Sebanyak 60 Tim Otomotif dari 38 perguruan tinggi di Indonesia, mengikuti ajang Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016 di Komplek Candi Prambanan, Sleman, Selasa (1/11/2016). Kompetisi digelar dalam kategori prototipe mobil hemat energi bermesin diesel, listrik, gasolin dan etanol serta prototipe mobil urban atau city car.


KMHE yang merupakan ajang lomba kreatifitas akademisi di bidang otomotif diselenggarakan setiap tahun oleh Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi RI, kali ini digelar di halaman timur Komplek Candi Prambanan, Sleman. Puluhan prototipe mobil bermesin diesel, listrik, gasolin dan etanol serta mobil urban karya para mahasiswa se-Indonesia dari 38 perguruan tinggi akan berlomba menjadi yang terbaik di ajang tersebut.

Panitia Pelaksana KMHE 2016, Adhika Widyaparaga, saat ditemui di lokasi mengatakan, kompetisi kali ini memperlombakan empat jenis prototipe mobil hemat energi dan ramah lingkungan, yaitu prototipe mobil diesel, listrik, gasolin dan etanol, serta mobil urban atau city car.


Adhika mengatakan, mahasiswa sebagai kaum intelektual menjadi subyek penting dalam riset dan pengembangan teknologi di dunia otomotif, khususnya bidang kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan.

Tak hanya sekedar menonjolkan kecanggihan teknologi, kompetisi itu juga digelar dengan misi kebudayaan, sebagaimana tema kali ini, Memayu Hayuning Bawono atau merawat dan menjaga kelestarian alam dengan memadukan unsur teknologi, pendidikan, dan kebudayaan. 


"Dengan mengikuti lomba ini, peserta diharapkan mampu mengambil manfaatnya sebagai kontribusi akademisi dari sisi teknologi hemat energi", ujar Adhika, sembari mengimbuhkan pula, peran serta dan kepedulian masyarakat dan Pemerintah sangat diharapkan, sehingga inovasi mobil hemat energi dan ramah lingkungan karya para akademisi bisa digunakan masyarakat luas.

Jurnalis : Koko Triarko / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Koko Triarko

Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: