KAMIS, 17 NOVEMBER 2016

PONOROGO---Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, datangi Universitas Darussalam (Unida) Gontor, Ponorogo, Kamis (17/11/2016). Kedatangannya ditujukan untuk memasyaratkan gemar makan ikan di lingkungan Pondok Gontor.

Ia berharap, meski berada jauh dari laut, bukan jadi alasan masyarakat untuk tidak makan ikan. Masyarakat kawasan "tengah" juga harus gemar makan ikan.

"Ingin lebih memasyarakatkan gemar makan ikan, tidak terkecuali di kawasan pondok," jelasnya, saat ditemui Cendana News di Unida.

Selain Ponorogo, Menteri Susi juga mendatangi wilayah Jogjakarta, Solo dan wilayah tengah lain yang jauh dari laut. "Gontor bukan pondok pertama yang saya datangi, saya pernah ke Tebuireng dan beberapa kawasan lainnya," tukasnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sedang memberikan kuliah umum di Universitas Darussalam Gontor.
Bukan hanya sekadar sosialisasi, Menteri Susi membagikan ikan gratis ke tempat-tempat yang ia kunjungi. "Supaya masyarakat gemar konsumsi ikan," ujarnya.

Menteri Susi membagikan ikan-ikan secara gratis dari hasil sitaan yang ditangkap. Ikan-ikan tersebut dibekukan dan masih layak konsumsi bahkan hingga 2 tahun lamanya.

"Kalau yang dibagikan hari ini, ikan beku sitaan 3 bulan lalu," tuturnya.

Masyarakat memang lebih memilih daging atau telur dibanding ikan karena dinilai lebih murah dan mudah didapat. Oleh karenanya, Menteri Susi berinisiatif berkeliling ke wilayah tengah supaya masyarakat tertarik dan gemar makan ikan.

"Bahkan saya pernah menemui harga ikan laut di pasaran mencapai 5-7 US Dollar per kilogram," pungkasnya.

Jurnalis: Charolin Pebrianti/ Editor: Satmoko / Foto: Charolin Pebrianti


Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: