SENIN, 26 NOVEMBER 2016
SOLO---Kepolisian Republik Indonesia melakukan berbagai langkah  untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan  yang akan terjadi, pada aksi Bela Islam Jilid III yang akan digelar pada 2 Desember 2016 mendatang. Salah satunya adalah dengan melakukan pendekatan persuasif agar aksi tidak usah digelar di Jakarta, melainkan di daerah masing-masing.


Kapolres Solo, Kombes Pol Ahmad Lutfi, memberikan keterangan pada wartawan usai Apel Konsolidasi dalam Rangka Mengawal Kebhinekaan di Solo.
“Kami mengimbau kepada masyarakat agat tidak berangkat ke Jakarta untuk berunjuk rasa. Aksi unjuk rasa bisa dilakukan di wilayah masing-masing,” demikian ucap Kapolres Solo, Kombes Pol Ahmad Lutfi dalam Apel Konsolidasi dalam Rangka Mengawal Kebhinekaan, pada Senin (28/11/2016). Kepolisian Kota Solo, Jawa Tengah merekomendasikan dua lokasi untuk dapat digunakan aksi pada 2 Desember mendatang. Yakni, di kawasanan Bundaran Gladak, jalan Slamet Riyadi atau di Depan Markas Polresta Solo.

Jajaran aparat di Solo siap mengamankan demo damai 2 Desember 2016 mendatang.
“Kami menegaskan agar unjuk rasa berjalan sesuai dengan undang-undang yang ada. Tetap menghormati hak-hak dan kebebasan orang lain dan berlangsung antara pukul 06.00 WIB-18 .00WIB,” tegas Kapolres. Sebanyak 1.700 personil gabungan disiapkan untuk menjaga keamanan saat aksi pada 2 Desember nanti.  Pasukan tersebut terdiri dari  Polisi, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan elemen masyarakat lainnya.

Apel konsolidasi untuk senantiasa memperkuat kebhinekaan.
Sementara itu, Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak  menambahkan, untuk pengusaha angkutan untuk tidak menyewakan armadanya untuk mengangkut massa yang akan berangkat ke Jakarta. Jelang 2 Desember nanti, jajaran Polres Karanganyar akan melakukan operasi sweeping senjata tajam ataupun senjata api yang dapat mengganggu jalannya Aksi Bela Islam jilid  III tersebut. 

“Kami minta agar masyarakat Karanganyar tetap menjaga keamanan dan ketertiban serta menciptakan iklim kondusif jelang dan pasca aksi 2 Desember mendatang,” pungkasnya.

Jurnalis: Harun Alrosid / Editor: Satmoko / Foto: Harun Alrosid
Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: