RABU, 30 NOVEMBER 2016
SOLO---Adanya aksi percobaan penculikan anak di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah yang akhir-akhir ini marak membuat Dinas Pendidikan (Disdik) dan aparat kepolisian memperketat pengawasan dan pengamanan. Untuk antisipasi penculikan, Disdik Sragen memerintahkan untuk memasang spanduk secara masif. Spanduk  itu berisi himbauan tentang kewaspadaan terhadap aksi penculikan anak yang berkeliaran di bumi Sukowati.

“Dari Dinas (Disdik) sudah menginstruksikan agar sekolah-sekolah memasang spanduk waspadai penculikan. Hari ini kita lakukan pemasangan di pagar depan sekolah dan halaman sekolah,” ucap Kepala Sekolah SD Negeri 4 Sragen, Sumarno kepada awak media, Rabu (30/11/2016).

Antisipasi penculikan, dipasanglah spanduk agar siswa selalu waspada.
Imbauan memasang spanduk secara masif itu kata Sumarno, ditujukan untuk Sekolah Dasar (SD) dan Taman Kanak-kanak  (TK). Sebab, siswa SD dan TK yang paling sering dijadikan sasaran aksi penculikan.

“Untuk orang tua juga kami himbau untuk lebih ketat mengawasi anak-anak mereka. Terutama saat pulang sekolah,” tekannya.

Pemasangan spanduk secara masif ini juga didampingi dari jajaran Polres Sragen. Sejak adanya aksi percobaan penculikan dan berhasil digagalkan anak-anak itu, Polres Sragen kian intensif melakukan pengamanan.

Sosialisasi antipenculikan juga dilakukan aparat di dalam kelas.
 “Setiap hari, terutama saat pulang sekolah dan jam-jam istirahat petugas lakukan patroli ke sekolah-sekolah,” tambah Kapolres Sragen AKBP Cahyo Widiarso.

Selain patroli,  kepolisian juga melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan siswa terhadap ancaman aksi penculikan. Para siswa juga ditekankan untuk tidak mudah percaya dengan orang yang tidak dikenal alias asing.

“Untuk orang tua kami tekankan tidak telat dalam menjemput anak,” imbuhnya.

Untuk antispasi, Polres Sragen  membuka aduan secara online. Pihak orang tua  atau sekolah yang mengetahui ada orang yang dicurigai bisa menghubungi di nomor 0812-2981-9321.

Jurnalis: Harun Alrosid / Editor: Satmoko / Foto: Harun Alrosid
Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: